Breaking News:

Fadhilla Fajrah, Manfaatkan Media Sosial untuk Edukasi Kesehatan Mental

Dila memproduksi podcast yang berbagi tentang hal-hal yang berkaitan dengan psikologi.

TRIBUN MEDAN/HO
FADHILLA Fajrah memilih memanfaatkan media sosial untuk mengedukasi kesehatan mental. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Belakangan kesehatan mental semakin menjadi perhatian banyak orang.

Apalagi dengan ramainya pegiat media sosial yang membahas mengenai kesehatan mental ini. Satu diantaranya adalah Fadhilla Fajrah

Mahasiswi tingkat akhir Magister Profesi jurusan Psikologi Klinis Dewasa di Universitas Sumatera Utara ini mengatakan sejak Covid-19, masyarakat Indonesia sudah semakin peduli dengan kesehatan mental.

Seperti yang diketahui selama hampir setahun belakangan, Covid-19 mempengaruhi banyak hal, bukan hanya ekonomi tapi juga kesehatan fisik bahkan kesehatan psikologis.

"Pandemi ini merupakan fenomena yang berefek kebanyak hal, salah satunya ekonomi yang membuat banyak orang di PHK. Hal ini berdampak besar terhadap meningkatnya permasalahan psikologis", katanya. 

Bahkan untuk mengahadapi munculnya sejumlah masalah psikologi akibat pandemi, pemerintah meluncurkan layanan psikologi nasional. Ada layanan kejiwaan berupa kontak darurat untuk pertolongan psikologis. 

"Dari pandemi ini banyak orang mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental. Walaupun sebelumnya juga sudah mulai sadar akan tetapi setelah pandemi Covid-19 ini membuat orang semakin sadar akan pentingnya kesehatan mental," katanya.

Sebelum pandemi, menurutnya sudah banyak masyarakat kota besar di Indonesia yang merasa kesehatan mental itu penting.

Di Jakarta misalnya, dimana masyarakatnya yang sudah cenderung individual akan mencari psikolog ketika mereka ada masalah.

"Di Kota Medan belum sepesat perkembangan di Jakarta atau di kota besar lainnya. Kita di Medan masih kolektif, jadi ketika ada masalah kita masih punya teman, saudara, bahkan tetanga yang bisa kita ajak ngobrol. Jadi ke psikolog masih menjadi pilihan terakhir ketika tidak menemukan solusi. Walaupun di sisi lain juga ada tingkat masyarakat tertentu yang mereka langsung sadar untuk mendapatkan penanganan profesional yaitu psikolog," katanya. 

Halaman
1234
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved