Breaking News:

Resmi Layani Pendonoran Plasma Konvalasen, PMI Sudah Terima 15 Pendaftar dan Dua Permintaan RS

Hingga saat ini sudah ada sekitar 15 penyintas yang mendaftarkan diri dan dua rumah sakit yang mengajukan permintaan.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA
PENYINTAS Covid-19 saat melakukan pengambilan sampel darah untuk screening awal pendonoran Plasma Konvalesen di UDD PMI kota Medan, Senin (18/1/2021). 

Tribun-Medan.com, Medan - Setelah resmi dicanangkan sebagai gerakan pendonoran plasma konvalesen pada Senin (18/1/2021) lalu, Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Medan mulai menerima pendaftaran dari relawan penyintas Covid-19.

Kepala Seksi Pelayanan Teknik Lab dan BDRS PMI medan, dr Ira Lubis mengungkapkan, hingga saat ini sudah ada sekitar 15 penyintas yang mendaftarkan diri dan dua rumah sakit yang mengajukan permintaan.

"Kalau yang daftar sudah banyak di data kita tapi memang belum kami lakukan screening awal karena memang sudah masuk permintaan dari RS Efarina Brastagi dan Siloam," ungkap Ira, Jumat (22/1/2021).

Namun begitu, Ira belum dapat menindaklanjuti permintaan rumah sakit hingga surat resmi masuk ke PMI Medan.

"Tapi sampai detik ini, surat permintaan resminya belum masuk, jadi belum kita hubungi data penyintas Covid-19 untuk jadi calon donornya. Karena kita bekerja sesuai dengan surat masuk ke kita," ujarnya.

Ira menjelaskan, dari 15 data penyintas ini belum dapat ditindaklanjuti hingga menunggu permintaan resmi dari Rumah Sakit untuk kebutuhan plasma konvalesen.

"Kalau untuk data pasti Covid-19 kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi. Tapi untuk data di kita, kita belum tentukan karena belum bertanya lebih lanjut mengenai rentang waktu kapan dinyatakan positif Covid dan kapan sembuhnya. Kita belum sampai sejauh itu tapi kita catat nama dan nomor telepon. Nanti begitu ada permintaan akan kita telpon," tuturnya.

Ria  menyebutkan kriteria penyintas untuk dapat melakukan penyumbangan plasma konvalesen.

"Kita ada kriterianya yang dua Minggu sampai tiga bulan pasca dinyatakan negatif melalui proses PCR Swab," pungkasnya.(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved