Breaking News:

Update Covid19 Sumut 26 Januari 2021

Pasien Covid-19 Melonjak Hingga 50%, Mulai Besok RS USU Tambah Fasilitas Tempat Tidur

Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) mengalami lonjakan pasien Covid-19 pada awal tahun 2021.

Tribun Medan
Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU), yang berada di Jalan Dr Mansur 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) mengalami lonjakan pasien Covid-19 pada awal tahun 2021.

Berdasarkan informasi dari Direktur Pelayanan Medis RS USU dr. Riyadh Ikhsan,SpKK mengungkapkan bahwa lonjakan sudah terlihat pada Minggu kedua Januari dengan peningkatan 50-70 persen dari biasanya.

"Dalam bulan Januari ini kita sudah lihat dari minggu kedua terjadi kenaikan jumlah kunjungan pasien rawat inap dengan indikasi Covid-19. Jadi itu dilihat dari rasio tempat tidur yang ditempati.

Dulu pasien keluar 1 hari kosong mungkin lusa baru masuk lagi. Sekarang begitu keluar pasien, di hari yang sama selang beberapa jam langsung masuk pasien baru," ungkap Ikhsan kepada tribun-medan.com, Selasa (26/1/2021).

Hingga saat ini, RS USU masih menampung 16 pasien dan direncanakan akan menambah tempat tidur pada Rabu (27/1/2021) besok. Ikhsan menuturkan bahwa tidak hanya tempat tidur pasien berat namun juga terjadi penambahan untuk tempat tidur anak dan bayi.

"Jadi di rumah sakit USU ini menyediakan 16 bed khusus untuk perawatan Covid-19 tapi itukan berputar keluar-masuk pasien. Dalam menindaklanjuti tindakan ini, kita menambahkan 6 bed lagi dan diluar 6 bed itu kita juga siapkan ruangan pasien anak Covid yang kitakan di RS USU ini melayani pasien-pasien anak untuk 3-5 bed," kata Ikhsan.

Tak hanya itu, Ikhsan mengatakan bahwa RS USU juga turut menambah inkubator bagi bayi yang terindikasi Covid-19.

"Disamping itu kita sudah siapkan ruangan khusus melahirkan baik itu sesar maupun normal, kalau ibunya positif bayinya positif, kita sudah siapkan ruangan isolasi bayi. Selama ini kita siapkan 2 inkubator atau bed sekarang udah kita tambah lagi," tuturnya.

Dalam mempersiapkan penambahan ini, Ikhsan juga turut mengimbau kepada seluruh masyarakat maupun tenaga kesehatan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Pesan saya, kita harapkan dari tenaga-tenaga kesehatan ini dan untuk masyarakat umum tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik, kita mohon kerjasamanya dengan mematuhi 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas," pungkasnya.

Halaman
123
Penulis: Kartika Sari
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved