Breaking News:

Dorong Industri Pariwisata Bangkit, Berikut Program Promosi yang Disiapkan Tourism Malaysia Medan

Perlahan bangkit, Malaysia fokus pulihkan pariwisata domestik sebelum border dibuka untuk wisatawan mancanegara (internasional)

DOK Tourism Malaysia Medan
Sesi ramah tamah bersama media yang bertajuk “Satu Jam Bersama Tourism Malaysia Medan – Mengenal Lebih Dekat Tourism Malaysia” yang diadakan di Kantor Konsulat Jenderal Malaysia Medan pada Kamis (28/1/2021). 

TRIBUNMEDAN.ID, MEDAN - Tourism Malaysia atau Malaysia Tourism Promotion Board (MTPB) adalah badan resmi di bawah Kementerian Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia. Sebelumnya, Tourism Malaysia  dikenal sebagai "Tourist Development Corporation of Malaysia (TDC)", didirikan pada 10 Agustus 1972. Saat itu di bawah Kementerian Perdagangan dan Industri.

Dengan dibentuknya Kementerian Kebudayaan, Seni dan Pariwisata pada tanggal 20 Mei 1987, TDC dipindahkan ke kementerian baru ini; dan menjadi Badan Promosi Pariwisata Malaysia (MTPB) melalui Undang-Undang Badan Promosi Pariwisata Malaysia 1992. Saat ini MTPB populer atau lebih dikenal dengan nama Tourism Malaysia, yang fokusnya adalah mempromosikan Malaysia secara domestik dan internasional. Saat ini, Tourism Malaysia memiliki 34 kantor di luar negeri dan 11 kantor perwakilan pemasaran.

Untuk pasaran Indonesia, Tourism Malaysia berpusat di Jakarta dan Medan. Tourism Malaysia Jakarta memiliki tugas mempromosikan pariwisata Malaysia untuk wilayah Jakarta, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Sedangkan Tourism Malaysia Medan, mempromosikan pariwisata Malaysia di wilayah Pulau Sumatera, atau 10 provinsi yang ada di Pulau Sumatera. Secara umum, visi dan misi Tourism Malaysia adalah memasarkan Malaysia sebagai destinasi wisata unggulan dan menjadikan industri pariwisata sebagai kontributor utama pembangunan sosial ekonomi bangsa.

Sesi ramah tamah bersama media yang bertajuk “Satu Jam Bersama Tourism Malaysia Medan – Mengenal Lebih Dekat Tourism Malaysia” yang diadakan di Kantor Konsulat Jenderal Malaysia Medan pada Kamis (28/1/2021).
Sesi ramah tamah dan pemotongan tumpeng bersama media yang bertajuk “Satu Jam Bersama Tourism Malaysia Medan – Mengenal Lebih Dekat Tourism Malaysia” yang diadakan di Kantor Konsulat Jenderal Malaysia Medan pada Kamis (28/1/2021). (DOK Tourism Malaysia Medan)

Tourism Malaysia Medan berdiri pada 1 Agustus 2001 di Konsulat Jenderal Malaysia Medan. Secara menyeluruh, Konsulat Jenderal Malaysia Medan sendiri memiliki 6 badan resmi, yaitu Wisma Putra, Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM), Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM), Polis Diraja Malaysia (PDRM), Imigrasi, dan Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE), dan Tourism Malaysia, yang dinaungi oleh seorang Konsul Jenderal, Aiyub Omar.

Sejak awal diresmikannya, Tourism Malaysia Medan telah memiliki 6 Direktur yang disebut Konsul Pelancongan dan 5 Wakil Direktur, disebut Konsul Muda Pelancongan. Saat ini Tourism Malaysia Medan dipimpin oleh Hishamuddin Mustafa, yang menjabat sebagai Direktur Tourism Malaysia Medan ataupun Konsul Pelancongan Malaysia di Medan, sejak 1 Oktober 2019, untuk periode masa jabatan 2019-2022. Tourism Malaysia Medan memiliki 4 orang staf lokal yang bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar pariwisata di Malaysia.

Secara garis besar, tugas Tourism Malaysia Medan adalah sebagai berikut :

·         Mempromosikan Malaysia sebagai tujuan wisata yang luar biasa kepada seluruh warga Indonesia di Pulau Sumatera.

·         Mempromosikan keajaiban, atraksi, dan budaya unik Malaysia kepada seluruh warga Indonesia di Pulau Sumatera.

·         Meningkatkan destinasi Malaysia untuk pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (MICE).

·         Meningkatkan pendapatan sektor pariwisata Malaysia dengan meningkatkan jumlah wisatawan dari Sumatera ke Malaysia dan memperpanjang masa tinggal mereka.

Halaman
1234
Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved