Breaking News:

Luncurkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, STIPAP Gandeng PTPN II dan PT Mopoli Raya

(STIPAP) melaksanakan launching program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan berkolaborasi bersama PTP Nusantara II dan PT. Mopoli Raya

Penulis: Kartika Sari | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN-MEDAN.com/Kartika Sari
Foto bersama dalam peluncuran program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Ruang Sidamanik STIPAP, Jumat (29/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) melaksanakan launching program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan berkolaborasi bersama PTP Nusantara II dan PT Mopoli Raya di Ruang Sidamanik STIPAP, Jumat (29/1/2021).

Ketua STIPAP, Aries Sukariawan mengungkapkan bahwa launching Kampus Merdeka ini sebagai bentuk untuk menanggapi arahan dari Menteri Pendidikan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa.

Ia menuturkan bahwa dengan diterapkannya Merdeka Belajar ini membuat mahasiswa dapat belajar di program studi lain ataupun magang di perusahaan.

"Intinya kampus merdeka ini memberikan kebebasan kepada mahasiswa dan juga seluruh civitas untuk berkreasi, untuk mahasiswa salah satunya diberi kesempatan 3 dari 8 semester itu untuk beraktivitas ditempat lain, bisa di program studi lain, bisa di perguruan tinggi lain, bisa magang, bisa juga melaksanakan riset diluar, proyek kemanusiaan atau apapun kegiatan wirausaha misalnya,"ungkap Aries.

Dalam launching ini turut dihadiri oleh para stake holder terkait, diantaranya Direktur PT Mopoli Raya Ir Mustofa Kamal Machfoedz, MEng, Kabag SDM PTP Nusantara II, Marulitua Siagian, dan Kepala LLDikti Wilayah I Prof Dr Ibnu Hajar, MSi.

Aries menjelaskan bahwa dengan bekerjasama dengan para stakeholder ini akan membantu mahasiswa untuk merasakan langsung praktik belajar di perusahaan besar.

"Salah satu fasilitas dari PTPN dan Mopoli Raya terkait dengan pemberian kesempatan magang, PKL, penelitian dan pengabdian masyarakat itu dimulai pada hari ini.

Bertepatan hari ini juga dengan pelatihan pembekalan sebanyak 65 mahasiswa kita yang akan magang di PTPN II. Itu penuh memfasilitasi kita terkait dengan mahasiswa magang juga PTPN II salah satu BUMN yang menerima alumni kita cukup banyak," ujarnya.

Selain itu, Aries juga menuturkan bahwa kerjasama dengan PT. Mopoli Raya akan turut berperan memberikan pengalaman mahasiswa untuk melakukan magang dan penelitian secara langsung.

"Dan selain magang, PKL, penelitian kita di Bumn juga di perusahaan swasta salah satunya PT.Mopoli Raya. PT Mopoli Raya juga memfasilitasi untuk praktek, penelitian dan juga sebagai mitra kita menyerap alumni kita," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved