Breaking News:

Pengrajin Ulos di Hutaraja Samosir Sampaikan Unek-unek Kepada Menteri Ida Fauziyah

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah sambangi para penenun ulos di Desa Hutaraja, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samossir, Jumat (29/1/2021).

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
Tribun-Medan.com/Maurits Pardosi
Menteri Ida Fauziyah sambangi pengrajin ulos di Desa Hutaraja, Samosir pada Jumat (29/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, PANGURURAN - Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah sambangi para penenun ulos di Desa Hutaraja, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samossir, Jumat (29/1/2021).

Kesempatan ini dimanfaatkan para pengrajin ulos untuk curhat kepada Menaker.

Selain soal peralatan, para pengrajin juga mengeluhkan pemasaran ulos usai diproduksi.

Menteri Ida Fauziyah menuturkan bahwa para penenun butuh fasilitas alat tenun agar produksi mereka bisa meningkat dari biasanya.

"Lebih membutuhkan fasilitas saja, keterampilan saya kira bisa didapatkan dan kami akan memberikan fasilitas, apa yang dibutuhkan; apakah dari sisi peralatannya, apakah pasarnya," ujar Menteri Ida Fauziyah, Jumat.

Dari para penenun, Menteri Ida Fauziyah mengetahui bahwa bahan pembuatan ulos bukanlah barang yang murah.

Ulos yang ditenun di sana terbuat dari benang khusus dan dirajut dengan waktu yang relatif lama, hingga meamkan waktu sebulan untuk satu ulos.

"Untuk membuat ulos ini kan bahannya tidak murah, jadi membutuhkan juga banyak modal. Kalau akan mengerjakan banyak, maka akan membutuhkan modal yang banyak juga," sambung Ida Fauziyah.

Lebih jauh, ia juga menguraikan perihal modal. Memang, dari para penenun didapatkan informasi bahwa mereka amat membutuhkan biaya yang besar. Apalagi, masa pandemi Covid-19 membuat rantai perekonomian mereka terputus.

"Saya kira juga mereka akan membutuhkan perhatian besar, saya kira mereka butuh modal. Saya kira ini juga jadi akses bagi daerah lain bila ini dibuka dengan baik," sambung Ida Fauziyah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved