Breaking News:

Update Covid19 Sumut 30 Januari 2021

DPRD Minta Pemko Medan Tambah Fasilitas Ruang Isolasi Pasien Covid-19 di RS Pirngadi

Hal ini menyusul tingginya angka warga yang terpapar Covid-19 dan sedikit ruang isolasi untuk pasien. 

Penulis: Liska Rahayu | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/KARTIKA
RUMAH Sakit Pirngadi Medan. 

Tribun-medan.com, Medan - DPRD Kota Medan meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk menambah fasilitas ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan. 

Hal ini menyusul tingginya angka warga yang terpapar Covid-19 dan sedikit ruang isolasi untuk pasien. 

"Kabar yang kita terima, ruangan isolasi di Pirngadi masih dalam perbaikan. Makanya kita dorong manajemen rumah sakit untuk berkoordinasi dengan gugus tugas dan Pemko Medan untuk menambah ruang isolasi,” ujar  Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Ihwan Ritonga, Sabtu (30/1/2021).

Ihwan mengatakan, manajemen dapat membuat keputusan segera agar dapat memanfaatkan semua ruangan yang ada di gedung lama maupun gedung baru. 

"Semua ruangan disediakan untuk pasien Covid. Karena pasien umum kan berkurang. Jangan sampai ada pasien Covid yang tidak ditangani di rumah sakit," tegasnya. 

Berdasarkan data RSUD Pirngadi Medan,  per tanggal 27 Januari 2020, sudah 45 bed (tempat tidur pasien) terpakai untuk pasien terpapar. Padahal jumlah bed isolasi yang tersedia di rumah sakit milik Pemko Medan ini hanya 75 unit.

“Jadi tersisa 25 bed isolasi lagi di rumah sakit kita ini. Sebanyak 45 bed sudah terisi pasien yang terpapar dan terindikasi terpapar Covid-19,” ujar Kasubbag Hukum dan Humas RUSD dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin. 

Sedangkan berdasarkan update data pasien Covid-19 di Kota Medan yang dilansir akun @humas_pemkomedan, kasus Covid-19 masih terus bertambah setiap harinya. 

Pada Rabu (27/1/2021) jam 18.00 WIB sebanyak 10.024 kasus pasien terpapar Covid-19 di Medan. 

Data ini bertambah dari Selasa (26/1/2021) jam 17.30 WIB, yang hanya 9.989 kasus. Jumlah pasien yang meninggal juga bertambah seorang dari 364 orang menjadi 365 orang meninggal dunia. Hingga saat ini, seluruh wilayah di Kota Medan masih menjadi zona merah. 

Untuk kasus Covid-19 di Indonesia tembus satu juta kasus pada Selasa (26/1/2021), setelah 11 bulan memerangi pandemi virus corona. 

Tambahan kasus per hari mengalami tren di atas 10.000 kasus dalam dua pekan terakhir, sementara fasilitas kesehatan "nyaris kolaps" dengan sejumlah orang yang dinyatakan positif Covid-19 mengaku kesulitan mendapat perawatan. (yui/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved