Breaking News:

Air Terjun Londut Wisata di Kawasan Perkebunan Sawit Labnura

Air Terjun Londut atau biasa yang disebut dengan Aek Sordang, merupakan satu di antaranya objek wisata yang berada di Kabupaten Labuhanbatu Utara

TRIBUN MEDAN / HO
Air Terjun Londut yang berada di Desa Londut dan Pulo Dogom, Kecamatan Kualuh Hulu, Aek Kenopan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara. 

Laporan wartawan Tribun Medan / Muhammad Anil Rasyid

TRIBUN-MEDAN.com, LABURA - Air Terjun Londut atau biasa yang disebut dengan Aek Sordang, merupakan satu di antaranya objek wisata yang berada di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) yang sayang untuk dilewatkan.

Air Terjun Londut ini berada di perbatasan Aek Kenopan dan Labuhanbatu Utara. Destinasi yang terletak di kawasan perkebunan Aek Kenopan, Kualuh Hulu ini, memiliki akses jalan yang cukup bagus. Sehingga bisa menjadi rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi apabila sedang berada di Labura.

"Lokasi wisata ini memang menjadi tempat favorit di Kualuh Hulu. Banyak orang datang ke sini biasanya weekend, kalau enggak Sabtu, Minggu. Meski tebing air terjun tidak tinggi, tapi jatuhan air yang tenang membuat pengunjung tenang untuk mandi-mandi," ucap Parmadi seorang mahasiswa swasta Kota Medan, Minggu (31/1/2021).

Kualuh Hulu memang dikenal sebagai lahan perkebunan sawit. Namun, siapa sangka dibalik itu semua, terdapat objek wisata yang begitu mengasyikan.

"Air terjun ini tidak jauh dari Aek Kenopan. Sekitar 10 kilometer lah dengan jarak tempuh sekitar 20 menit lah. Jarang ada angkutan ke sana. Lebih bagus naik kendaraan pribadi aja. Sepeda motor bisa, mobil pun bisa," ucap Parmadi.

Bermain air atau berenang, merupakan kegiatan yang wajib dilakukan pengunjung. Namun, tak perlu khawatir, pemandian ini tidak lah dalam. Bahkan bisa dibilang dangkal, jadi untuk anak-anak aman.

Untuk masuk ke Air Terjun Londut atau Aek Sordang, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi parkir saja sebesar Rp 10 ribu per kendaraan.

"Cuma hanya di perkiran saja yang bayar. Lain lagi kalo kita mau beli makanan dan minuman di warung. Kalau itu ya bayar lah bang," ujar Parmadi sembari tertawa.

Mengenai fasilitas, pengunjung tak perlu cemas, bisa dibilang sudah cukup memadai. Diantaranya, toilet, warung makanan dan minuman, dan pondok-pondok kecil untuk beristirahat.

Objek wisata Air Terjun Londut tepat berada di Desa Londut dan Pulo Dogom, Kecamatan Kualuh Hulu, Aek Kenopan, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

Bagi pengunjung asal Kota Medan yang tertarik mengunjungi Air Terjun Londut, hanya tersedia satu rute saja. Waktu yang ditempuh yaitu enam jam perjalanan darat dengan jarak 240 kilometer.

(CR23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved