Breaking News:

Update Covid19 Sumut 31 Januari 2021

Dinkes Karo Rencanakan Pekan Depan Vaksinasi Covid-19, Irna: Diutamakan Forkopimda dan Nakes

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karo, akan mendistribusikan vaksin Covid-19 Sinovac pekan depan.

Tribun-Medan.com/Muhammad Nasrul
Petugas Dinkes Karo menunjukkan kotak yang berisikan vaksin produksi Sinovac, di gudang medis Dinkes Karo, Jalan Selamat Ketaren. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karo, akan mendistribusikan vaksin Covid-19 Sinovac pekan depan.

Rencana ini menindaklanjuti telah tibanya 3760 vial vaksin di Kabupaten Karo, Jumat (29/1/2021) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala M.kes, mengungkapkan saat ini pihaknya masih mempersiapkan terlebih dahulu beberapa tahapan sebelum proses vaksinasi.

Direncanakan Senin (1/2/2021) esok pihaknya akan melakukan simulasi terlebih dahulu.

"Kita rencanakan pekan depan vaksinasi, paling lama Senin (8/2/2021) depan. Karena sebelum vaksinasi, ada beberapa proses persiapan yang harus kita lakukan," ujar Irna, Minggu (31/1/2021).

Selain itu, Irna mengatakan pihaknya juga akan mengambil sampel atau melakukan proses screening dari calon penerima vaksin.

Setelah diambil sampel kesehatan dari calon penerima pihaknya akan menyampaikan sampel tersebut ke pemerintah pusat agar mengetahui apalah calon penerima vaksin aman untuk mendapat suntikan.

"Kita rencanakan pemeriksaan kesehatannya akan kita lakukan Selasa (2/2/2021), setelah kita ambil sampelnya kita kirim ke Jakarta untuk verifikasi," katanya.

Dirinya menyebutkan, pihaknya juga berencana akan mulai melakukan pendistribusian vaksin ke Puskesmas di beberapa kecamatan pada Rabu (3/2/2021) mendatang.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved