Breaking News:

Update Covid19 Sumut 1 Februari 2021

4 Hari Lagi Vaksin Sinovac Tiba di Toba, Dinkes Siap Edarkan ke 19 Faskes

Vaksin Sinovac dijadwalkan tiba di Kabupaten Toba pada 4 hari mendatang atau Jumat (5/2/2021).

Tribun-Medan.com/Maurits Pardosi
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dr Juliwan Hutapea 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Vaksin Sinovac dijadwalkan tiba di Kabupaten Toba pada 4 hari mendatang atau Jumat (5/2/2021).

Setelah tiba, vaksinasi pertama akan dilakukan di pendopo Kabupaten Toba pada Selasa (9/2/2021).

"Vaksin Sinovac akan tiba di Toba pada 5 Februari, vaksinasi tahap pertama kita laksanakan nanti di Pendopo sekaligus launching vaksinasi Covid-19 pada tanggal 9 Februari, sementara petugas Nakes akan divaksin pada tanggal 10 di masing-masing puskesmas," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dr Juliwan Hutapea pada Senin (1/2/2021).

Ia menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada riak-riak penolakan yang muncul dari masyarakat. Dan, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 42 vaksinator tersebar di 19 fasilitas kesehatan termasuk di RSUD Porsea.

Dari skala prioritas penerima vaksin, tenaga kesehatan akan mendapatkan vaksin untuk bagian yang pertama.

"Sosialisasi kita sudah lakukan melalui juring puskesmas, namun saat ini masih kita prioritaskan sosialisasi kepada tenaga kesehatan dulu, sementara sosialisasi ke masyarakat akan kita lakukan setelah selesai masa vaksinasi tahap dua bagi seluruh tenaga kesehatan," sambungnya.

Usai vaksin tahap pertama, vaksinasi tahap kedua pun langsung digelar setelah dua pekan.

"Vaksinasi tahap 2 akan dilangsungkan dua minggu setelah pelaksanaan vaksinasi tahap pertama, diperkirakan pada tanggal 23 Februari nanti," ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga menuturkan bahwa vaksin yang datang ke Kabupaten Toba dijamin keasliannya dan akan akan disimpan dalam wadah yang sudah ditentukan secara medis.

"Vaksinasi yang akan kita lakukan itu benar adalah vaksin sinovac dan itu bisa kita jamin keasliannya karena vaksin tersebut dalam pendistribusiannya mulai dari Provinsi akan dikawal ketat oleh Patwal dan kepolisian dan disambut oleh Forkopimda dan akan kita simpan di gudang dinas kesehatan dalam kulkas khusus vaksin yang telah disiapkan dengan suhu antara 2 hingga 8 derajat celcius," sambung dr Juliwan Hutapea.

Halaman
123
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved