Breaking News:

Pemkab Toba Nilai Pelaksanaan Pilkada Toba 2020 Sesuai Tahapan dan Pendanaan

Harapan menjelaskan, mereka mengharapkan rapat evaluasi kali ini akan dapat memberi perbaikan penyelenggaraan Pilkada ke depan. 

TRIBUN MEDAN/MAURITS
ASISTEN I Pemkab Toba, Harapan Napitupulu. 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Toba menggelar rapat evaluasi Pilkada 2020 Kabupaten Toba di Hotel Labersa, Laguboti hari ini, Senin (1/2/2021). 

Dalam acara ini, utusan pemerintah Kabupaten Toba Asisten I Pemkab Toba Harapan Napitupulu mengatakan, penyelenggaraan Pilkada 2020 Kabupaten Toba sesuai dengan harapan, baik dari sisi tahapan maupun pendanaan. 

"Terimakasih, untuk penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Toba. Secara umum pemerintah kabupaten melihat sudah sangat sesuai dengan apa yang kita harapkan, baik mengenai tahapan maupun mengenai pendanaan yang sudah disesuaikan dengan jumlah anggaran," ujar Asisten I Harapan Napitupulu di Hotel Labersa, Laguboti, Senin (1/2/2021). 

Harapan menjelaskan, mereka mengharapkan rapat evaluasi kali ini akan dapat memberi perbaikan penyelenggaraan Pilkada ke depan. 

"Terimakasih kepada KPU dan seluruh jajarannya, badan ad hoc yang sudah dan hadir dalam kesempatan ini," katanya.

Terkait masukan kepada pihak KPUD dan Bawaslu ke depan  pascarapat evaluasi Pilkada 2020, Harapan mengatakan, dengan sisa dana yang telah diserahkan kepada pihak KPU, Pemkab Toba berharap agar ke depan mampu membuat skala prioritas. 

"Yang pertama itu dalam perencanaan, baik dari perencanaan tahapan maupun perencanaan pendanaan, kita sangat mengharapkan KPUD bisa lebih memilah-milah apa yang menjadi prioritas. Pada kesempatan ini, harus kami sampaikan Pemerintah Kabupaten sebetulnya sudah memberikan anggaran yang cukup baik. Karena dari anggaran yang sudah kita berikan itu masih tersisa," ungkapnya. 

Harapan menuturkan, untuk anggaran tahun 2020, pihaknya mengucurkan dana sebesar Rp 29.146.771.000. 

"Untuk sementara, menurut laporan yang sudah kita terima bahwa yang terealisasi sekitar Rp 22,6 miliar, maka yang tersisa masih ada sekitar Rp 6 miliar sekian," sambung Harapan.

Pada kesmepatan tersebut, Harapan mengapresiasi perjalanan Pilkada di Kabupaten Toba berjalan dengan baik sehingga tidak adanya gugatan-gugatan yang membuat prahara dalam tahapan  pilkada. 

"Demikian juga dengan Panwalu, kita masih sisa anggaran sekitar Rp 4 miliar sekian. Kemungkinan itu karena ada pembiayaan yang tidak terealisasi akibat berjalannya Pilkadadengan baik sehingga tidak ada gugatan-gugatan," sambungnya. 

Terkait sisa dana, Harapan mengatakan, akan dimasukkan ke kas daerah setelah tiga bulan  paslon Bupati dan Wakil Bupati Toba dilantik. 

"Iya, kita pastikan itu akan masuk ke kas daerah setelah perhitungan yang pasti laporan dari Bawaslu dan juga dari KPU. Dari peraturan itu, tiga bulan setelah terlantikya Bupati dan Wakil Bupati," pungkasnya. (cr3/tribun-medan.com) 

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved