Breaking News:

Update Covid19 Sumut 2 Februari 2021

Dikawal Ketat Kepolisian, Satgas Covid-19 Toba Jemput 2.000 Paket Vaksin Sinovac

Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Toba akhirnya berangkat menjemput 2.000 paket Vaksin Sinovac ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumut di Medan

Tribun-Medan.com/MAURITS PARDOSI
Kadinkes Toba dr Juliwan Hutapea dan Kabag Ops AKP Jhonny Andreas Siregar saat ditemui di Polres Toba pada Selasa (2/2/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Toba akhirnya berangkat menjemput 2.000 paket Vaksin Sinovac ke Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sumut di Medan.

Tim Satgas berangkat dari Polres Toba, Selasa (2/2/2021) sekira pukul 16.30 WIB.

Tim Satgas yang dipimpin langsung oleh Kadis Kesehatan Toba, Juliwan Hutapea, berangkat dengan pengawalan ketat oleh Patwal dan personil Polres Toba.

Lebih lanjut, Kadinkes Toba dr Juliwan Hutapea, lewat komunikasi dengan pihak Kemenkes, Kabupaten Toba hanya menjemput 1.000 Vaksin Sinovac untuk sekali vaksin, sementara vaksin yang dijemput untuk sekarang ini sebanyak 2.000 vaksin sekaligus untuk tahap pertama dan tahap kedua 14 hari kemudian.

Ia juga menjelaskan perihal data Tenaga Kesehatan di Kabupaten Toba, terdapat 1.411 tenaga kesehatan. Namun untuk tahap pertama, masuk hanya 990 Tenaga Medis yang akan divaksin, sementara 10 lagi merupakan Forkopimda dan mewakili Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Toba.

Sementara 421 tenaga medis yang belum tercover dalam vaksinasi tahap pertama ini akan dijadwal tahap di selanjutnya.

Sebelum berangkat dilakukan apel bersama di depan Polres Toba yang dipimpin oleh Kabag Ops. AKP Jhonny Andreas Siregar. Dalam arahannya Jhonny mengingatkan agar personil kepolisian yang melakukan pengawalan mengutamakan keselamatan orang dan vaksin hingga tiba di Toba.

"Yang paling utama keselamatan orang dan vaksin hingga sampai di Toba, jadi tolong jangan terlalu mengebut di jalan," ujar Jhonny mengingatkan.

Sementara itu, Juliwan Hutapea mengakui adanya perubahan jadwal penjemputan Vaksin Sinovac ke Medan. Perubahan jadwal tersebut terjadi setelah adanya rapat koordinasi dengan Kementrian Kesehatan lewat aplikasi zoom pada Minggu (31/1) lalu.

"Ada perlu percepatan untuk vaksinasi. Awalnya kita dijadwalkan untuk Kabupaten Toba penjemputan tanggal 5 tapi dipercepat menjadi tanggal 3 Februari. Seluruh kabupaten yang ada di Indonesia termasuk di Kabupaten Kota di Sumatera Utara," ujar Juliwan.

Ikut dilibatkan dalam penjemputan vaksin ini Personil Polres Toba dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toba.

Sementara jadwal vaksinasi sendiri juga ikut dipercepat. Dari jadwal sebelumnya akan dilaksanakan pada hari Selasa, (9/2/2021) menjadi hari Jumat (5/2/2021) di Pendopo Kantor Bupati Toba.

"Untuk menjaga vaksin itu tetap aman kita telah menyediakan kulkas khusus yakni dengan suhu 2 sampai 8 derajat celcius. Kemudian penyebaran untuk ke puskesmas pun alat itu sudah kita sediakan. Kalau untuk masyarakat sendiri kabarnya pada bulan April 2021," pungkasnya.

(cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved