Breaking News:

Harga Kedelai Mencekik Leher, Pengrajin Tahu dan Tempe di Medan Terpaksa Melakukan Hal Ini

Hingga saat ini harga kacang kedelai masih bertahan tinggi. Di pasar tradisional, pedagang menjual kacang kedelai Rp 10 ribu per kilogram. 

TRIBUN MEDAN/SEPTRIMA
KOMODITI kacang kedelai yang diperdagangkan di Pasar Pusat Pasar Medan, Selasa (5/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Hingga saat ini harga kacang kedelai masih bertahan tinggi. Di pasar tradisional, pedagang menjual kacang kedelai Rp 10 ribu per kilogram. 

"Sampai sekarang masih Rp 10 ribu per kilogram. Sudah sejak tahun lalu harganya mahal dan belum turun," ujar pedagang di Pasar Pusat Pasar Medan Iwan, Selasa (2/2/2021). 

Kenaikan harga kacang kedelai ini juga dikeluhkan oleh pengerajin tempe Asminah di Jalan Ismailiyah Medan. Dikatakannya saat ini ia membeli kacang kedelai Rp 500 ribu per karung berisi 50 kilogram. 

"Dulu paling Rp 360 ribu sampai Rp 380 ribu per karung. Sekarang menjerit lah pembuat tempe sama tahu. Kami benar-benar mengurangi produksi, yang biasanya kami produksi lebih dari 50 kg per hari, sekarang tidak lagi," katanya. 

Ia mengatakan meski langganannya tetap melakukan pembelian tempe, tapi jumlah yang dipesan semakin berkurang. Sedangkan pelanggan baru tak ada yang melakukan pemesanan. 

"Makanya sekarang sudah mulai tidak tertutupi lagi biaya produksinya. Kami pakai tabungan sendiri untuk produksi," keluhnya. 

Ia mengatakan untuk mengurangi kerugian, pihaknya terpaksa mengurangi ukuran tempe. Sebab menurutnya tak mungkin menaikkan harga tempe saat ini. 

"Sekarang pasti tempe yang kita jual jadi lebih pendek dari ukuran biasanya. Kalau naikkan harga untuk tempe susah, lari nanti pembeli," katanya. 

Ia mengatakan kacang kedelai masih mudah didapatkan hingga saat ini. Hanya saja harganya yang tinggi. 

"Waktu awal harganya naik memang susah dapat stoknya, alasan penjual sih karena stok di gudang kosong. Sekarang mudah dapat stoknya," imbuhnya. 

Halaman
123
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved