Breaking News:

Update Covid19 Sumut 2 Februari 2021

Jatah Vaksin Sinovac Toba Bertambah Dua Kali Lipat, Pemkab Percepat Jadwal Penjemputan 

Pemerintah Kabupaten Toba mempercepat jadwal penjemputan vaksin Sinovac. Selain itu, jatah untuk Kabupaten Toba juga bertambah dua kali lipat.

Tribun-Medan.com/MAURITS PARDOSI
Kadinkes Toba dr Juliwan Hutapea dan Kabag Ops AKP Jhonny Andreas Siregar saat ditemui di Polres Toba pada Selasa (2/2/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Pemerintah Kabupaten Toba mempercepat jadwal penjemputan vaksin Sinovac. Selain itu, jatah untuk Kabupaten Toba juga bertambah dua kali lipat.

Vaksin Sinovac bagi Kabupaten Toba direncanakan akan tiba esok hari, Rabu (3/1/2021).

Pihak Dinkes, kepolisian, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Toba ikut serta dalam penjemputan vaksin tersebut ke Medan pada hari ini, Selasa (2/2/2021).

Terkait penjemputan vaksin Sinovac, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dr Juliwan Hutapea membenarkan hal tersebut.

Ia mengatakan bahwa kehadiran vaksin tersebut di Kabupaten Toba memang dipercepat dari rencana sebelumnya.

Direncanakan sebelumnya bahwa vaksin di Kabupaten Toba akan tiba pada Jumat (5/1/2021). Percepatan kehadiran vaksin Sinovac tersebut tiba di Kabupaten Toba atas pembicaraan pihak Pemkab Toba dengan Kementerian Kesehatan pada Minggu (31/1/2021).

“Hasil rapat kita dalam vidcom dengan Kementerian Kesehatan kemarin pada Minggu (31/1/2021), ada percepatan untuk vaksinasi. Awalnya kita di Toba dijadwalkan tanggal 5 Februari 2021 untuk mendapatkan vaksin dipercepat menjadi tanggal 3 Februari 2021,” ujar Juliwan saat dikonfirmasi di areal Polres Toba sebelum keberangkatan penjemputan vaksin ke Medan pada hari ini, Selasa (2/2/2021).

Ia menjelaskan vaksinasi di kawasan Toba akan dilakukan bagi pejabat publik dan dilanjutkan kepada tenaga kesehatan (nakes).

“Jadi untuk launchingnya, kita jadwalkan hari Jumat (5/1/2021), dipercepat juga. Jadi, nanti habis launching oleh 10 pejabat publik yang kita akan berikan vaksin, selanjutnya petugas kesehatan yang akan kita vaksin. Kalau pejabat publik ya Forkopimda, kemudian ada tokoh masyarakat dan tokoh agama. Dan tempatnya nanti akan kita lakukan di pendopo Kantor Bupati Toba,” sambung Juliwan.

Bukan hanya jadwal vaksinasi dipercepat, jumlah vaksin yang akan tiba esok hari pun bertambah dari jumlah yang direncanakan sebelumnya.

“Awalnya jumlah vaksin untuk kita ada seribu pieces, yang kita jemput sekarang ini ada 2 ribu vaksin. Jadi untuk vaksinasi tahap pertama dan tahap kedua akan dilaksanakan pada 14 hari kemudian,” pungkasnya.

(cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved