Breaking News:

Tribun travel

Pesona Keindahan Air Terjun Sigura-gura, Tertinggi di Indonesia dengan Dentuman Air yang Keras

Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir yang tak lain adalah dataran tinggi di pinggiran Danau Toba.

TRIBUN MEDAN/M ANIL
AIR terjun Sigura-gura yang berada di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBASA - Air terjun Sigura-gura menjadi objek wisata unggulan khususnya bagi masyarakat Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Dengan ketinggian lebih kurang 250 meter, membuat Air Terjun Sigura-gura ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia.

"Informasi yang diterima dari warga sekitar memang segitu tingginya. Bahkan, infonya Air Terjun Sigura-gura ketinggiannya mengalahkan beberapa air terjun lainnya di Indonesia. Percaya sih, soalnya memang benar-benar tinggi banget air terjunnya," Hafiz Ali seorang pemandu wisata asal Kota Medan, Minggu (31/1/2021).

Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir yang tak lain adalah dataran tinggi di pinggiran Danau Toba tepatnya 243 kilometer dari pusat Kota Medan.

"Mendengar kata Sigura-gura, biasanya orang langsung teringat dengan air terjunnya, tapi kebanyakan juga yang mengingat dengan bendungan air yang besar," ujar Hafiz.

Bendungan ini membendung aliran Sungai Asahan dan digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Namun demikian, kawasan Sigura-gura memiliki landscape alam yang menawan.

Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan objek wisata Danau Toba membuat air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Saat mengunjungi objek wisata ini, siapapun orangnya pastinya akan merasakan sensasi sejuk sehingga mampu menghilang penat beban pikiran yang mungkin selama sepekan penuh karena bekerja," ucap Hafiz.

Sementara itu, dari kejauhan suara dentuman air akan terdengar dengan jelas.

Dikarenakan, debit air yang deras, dan airnya yang mengalir juga berasal dari Sungai Asahan.

Selama berada di kawasan objek wisata Sigura-suga, wajib bagi para pengunjung untuk menjaga kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan agar kawasan wisata ini tetap bersih, indah, nyaman, dan yang pasti tetap lestari.

Untuk sampai di kawasan wisata Air Terjun Sigura-Gura, Anda yang berada di Kota Medan perlu melakukan perjalanan menuju Kabupaten Toba Samosir. Jarak antara Kota Medan dan Kabupaten Toba Samosir sekitar 243 kilometer.

Untuk mencapai lokasi, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti bus dengan tujuan Kabupaten Toba Samosir.

Adapun waktu yang diperlukan untuk sampai di wisata Air Terjun Sigura-gura dari pusat Kota Medan yaitu enam jam perjalanan darat. (cr23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved