Breaking News:

Terkait Status Ayah Cabul Jadi Tahanan Kota, Berikut Penjelasan PN Sei Rampah

Humas Pengadilan Negeri Sei Rampah, Ferdian Permadi mengakui kalau sampai saat ini terdakwa tidak pernah ditahan di rutan.

TRIBUN MEDAN/HO
KANTOR Pengadilan Negeri Sei Rampah. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sei Rampah memberi penjelasan terkait perkara dugaan pencabulan yang dilakukan seorang ayah terhadap anak kandungnya yang masih berusia dua tahun.

Sejak perkaranya masih dalam tahap penyidikan sampai persidangan, pelaku tidak pernah ditahan.

Humas Pengadilan Negeri Sei Rampah, Ferdian Permadi mengatakan, sampai saat ini terdakwa tidak pernah ditahan di rutan.

"Saya juga kebetulan ikut menyidangkan perkara ini dan menjadi anggota majelis. Intinya majelis punya pertimbangan terkait setiap perkara. Kan ada tiga jenis penahanan: penahanan rutan, tahanan kota atau tahanan rumah. Untuk perkara latar belakang pertama, penyidik dari awal tidak melakukan penahanan jenis apapun. Begitu di Jaksa dia (pelaku) tahanan kota," ujar Ferdian Permadi, Selasa (2/2/2021).

Ferdian mengakui, majelis sempat menyamakan dan membuat status terdakwa sebagai tahanan kota sama seperti yang dilakukan pihak Kejaksaan.

Dikatakannya, alasan lain mengapa tetap dijadikan tahanan kota lantaran dalam waktu yang bersamaan ada tahanan kasus cabul yang pelakunya adalah ayah terhadap anak tewas di dalam sel setelah dikeroyok tahanan lain.

Ketika itu terjadi mereka pun berpendapat agar status tahanannya disamakan saja seperti yang sebelumnya. 

"Faktor keduanya itu saat itu masih masa Covid. Jadi penahanan sementara tidak bisa langsung ke lapas dan harus ke Polres. Bertepatan sebelum dilimpahkan ada perkara sama ayah cabuli anak dan tewas karena dikeroyok. Saat itu kami berpendapat disamakan saja (tahanan kota) seperti terdahulu. Tapi kami sudah beritahu sama terdakwa bisa dialihkan status tahanannya dan dapat dilakukan," kata Ferdian. (dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved