Breaking News:

Update Covid19 Sumut 3 Februari 2021

Imbau Warga Taat 3M, Jubir Satgas Covid-19 Sebut Kota Medan Masih Berstatus Zona Merah

Pasalnya, hingga saat ini tren penyebaran Covid-19 di Kota Medan justru mengalami peningkatan.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Tribun Medan/HO
PEMERINTAH Kota (Pemko) Medan melakukan vaksinasi tahap kedua, Jumat (29/1/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Meskipun Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Sumatera Utara menyatakan jika Kota Medan telah kembali keluar dari zona merah penyebaran Covid-19, namun hal itu tidak dapat dijadikan barometer jika Kota Medan tidak sedang berada dalam kawasan berisiko tinggi.

Pasalnya, hingga saat ini tren penyebaran Covid-19 di Kota Medan justru mengalami peningkatan.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan mengatakan, pihaknya masih kurang memahami apa yang menjadi barometer sehingga Kota Medan dinyatakan sudah keluar dari zona merah atau turun ke zona oranye yang bersiko sedang.

"Menurut saya Kota Medan masih berada dalam kawasan berisiko tinggi. Kenapa begitu? Karena saat ini tingkat penyebaran Covid-19 di Medan masih mengalami tren kenaikan," ucap Mardohar kepada tribun-medan.com, Rabu (3/2/2021).

Peningkatan kasus setiap harinya, kata Mardohar, memang bukan berupa pasien positif yang dirawat di rumah sakit atau pasien dengan menunjukkan gejala.

Akan tetapi, pasien yang meningkat tajam berupa pasien dengan kategori orang tanpa gejala (OTG).

"Namun memang saat ini, angka kesembuhan juga tinggi. Dan yang paling penting, angka kematian juga menurun. Tapi sebenarnya bukan berarti membuat Kota Medan keluar dari zona beresiko tinggi, karena faktanya tren kita masih meningkat," ujarnya.

Untuk itu, Mardohar mengimbau warga Kota Medan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan yang disarankan pihak medis.

"Harus tetap jalankan 3M karena tren kasus sudah mencapai lebih dari 10.000 kasus," pungkasnya.(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved