Breaking News:

Jelang Imlek, Penjualan Pernak-pernik di Medan Turun hingga 40 Persen

Banyak ibu-ibu rumah tangga yang pada kondisi pandemi seperti ini yang membeli lampion atau dekorasi-dekorasi Imlek. 

TRIBUN MEDAN/LISKA
Toko aksesoris Acai Jaya yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Medan mengalami penurunan penjualan hingga 40 persen, Rabu (3/2/2021). 

Tribun-medan.com, Medan - Jelang perayaan Imlek tahun 2021, beberapa toko yang menjual pernak-pernik Imlek mengalami penurunan penjualan. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 masih berlangsung. 

Toko aksesoris Acai Jaya di Jalan Brigjen Katamso, Medanmengaku mengalami penurunan penjualan antara 30 hingga 40 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

"Untuk tahun ini penjualan karena kondisi pandemi gini memang banyak mengalami penurunan. Dibandingkan tahun lalu, itu mencapai 30 hingga 40 persen," kata pemilik Toko Acai Jaya. Aliansyah, Rabu (3/2/2021).

Kendati demikian, katanya, banyak ibu-ibu rumah tangga yang pada kondisi pandemi seperti ini yang membeli lampion atau dekorasi-dekorasi Imlek

"Untuk ibu-ibu rumah tangga banyaklah yang membeli dekorasi-dekorasi, lampion, dan dekorasi seperti bunga Sakura dan pernak-pernik ganrujgan pohon Sakura," katanya. 

Tetapi untuk para pelaku usaha kuliner, ia mengatakan, mereka tidak melakukan dekorasi.

Biasanya setiap tahun pesanan di Toko Acai Jaya datang dari pesanan-pesanan pengusaha kuliner yang membuka restoran ataupun perkantoran. 

Namun tahun ini tidak ada pesanan dari pengusaha-pengusaha tersebut. Karena itu, Aliansyah mengatakan banyak terjadi penurunan. 

Saat ini, katanya, penjualan terbanyak adalah angpao, lampion dan pohon sakura. Dikatakannya banyaknya permintaan pohon sakura di tempatnya lantaran dibuat dari batang kayu asli. 

"Itu kita dekor jadi pohon sakura dengan cabang-cabang pohon aslinya itu. Itu seninya lebih tinggi. Itu kebanyakan produk lokal," ucapnya. 

Halaman
12
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved