Breaking News:

Update Covid19 Sumut 3 Februari 2021

Tak Hanya Vaksin Sinovac, 1600 Paket APD Telah Tiba di Toba

Vaksinasi akan dimulai pada Jumat (5/2/2021) di pendopo Kantor Bupati Toba untuk 10 orang pertama. Dalam hal ini, Bupati dan Wakil Bupati tidak ikut.

TRIBUN MEDAN/MAURITS
KEPALA Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dr Juliwan Hutapea melakukan serah terima vaksin Sinovac yang baru tiba di Toba kepada pihak Pemkab Toba yang diwakili oleh Bupati Toba Darwin Siagian, Rabu (3/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE – Vaksin Sinovac telah tiba di Toba sebanyak 2000 pieces ditambah dengan 1600 paket Alat Pelindung Diri (APD), Rabu (3/2/2021). '

Bukan hanya itu, ternya pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menyerahkan beberapa safety box sebgai tempat limbah suntik pascavaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dr Juliwan Hutapea menjelaskan perihal tibanya vaksin sinovac tersebut.

Sekitar pukul 17.00 WIB, vaksin tersebut hadir yang dibawa oleh kendaraan dengan penjagaaan ketat pihak kepolisian Polres Toba. Setibanya di Kator Bupati, Kepala Dinas Kesehatan memberikan keterangan bahwa yang mendapat vaksin tersebut adalah tenaga kesehatan (nakes).

“Hari ini kita telah mendapatkan vaksin yang diserahterimakan tadi di Kantor Dinas Kesehatan Propinsi sebanyak 2000 paket vaksin. Vaksin ini diperuntukkan untuk petugas kesehatan untuk tahap pertama dan sepuluh untuk pejabat publik yang kita rencanakan pada hari Jumat (5/2/2021),” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba dr Juliwan Hutapea saat dikonfirmasi Rabu (3/2/2021).

Vaksinasi akan dimulai pada hari Jumat (5/2/2021) di pendopo Kantor Bupati Toba untuk 10 orang pertama. Dalam hal ini, Bupati dan Wakil Bupati tidak ikut serta dalam vaksinasi karena sudah melampaui kriteria umur penerima vaksin.

Dirinya  menjelaskan, 2000 vaksin yang telah tiba akan disebarkan ke 20 fasilitas kesehatan di Kabupate Toba yang terdiri dari 19 Puskesmas dan 1 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea.

”Dari Dinas Propinsi juga, kita diberikan Alat Pelindung Diri sebanyak 1600 paket dan beberapa paket safety box untuk pembuangan limbah jarum suntiknya nanti. Kita juga menyediakan 20 fasilitas kesehatan, 19 Puskesmas dan 1 Rumah Sakit Porsea agar melaksanakan vaksinasi,” sambung dr Juliwan Hutapea.

Pada vaksinasi tahap pertama yang akan dilakukan pada Senin (8/2/2021) akan diberikan kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang sudah didaftarkan dalam akun resmi Kementerian Kesehatan.

Kartu penerima vaksin pertama telah dan sedang diberikan secara langsung kepada yang bersangkutan sesuai dengan data Kementerian Kesehatan.

 “Vaksinasi Covid-19 ini serentak pada tanggal 8 untuk nakes. Itu ada dua sesi, ada sesi pagi dan sesi siang. Maksimumnya 40 orang yang divaksin, dan ada beberapa tempat Puskesmas yang jumlah nakesnya banyak, maka vaksinasinya dilakukan lebih dari dua hari,” lanjut dr Juliwan Hutapea.

Sementara itu, Bupati Toba menuturkan, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Toba akan menyimpan vaksin tersebut di gudang vaksin pada wadah yang sudah disiapkan dengan adanya jaminan sterilisasi vaksin.

“Setelah ini, vaksin akan dibawa ke gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan Kabupaten Toba. Dan mulai sore hari ini akan tetap ada pengawalan secara ketat, bahkan tadi sudah kita mintakan dari Satpol PP untuk ikut melakukan pengawasan, penambahan personil jaga,” kata Bupati Toba Darwin Siagian.

“Vaksinasi akan kita mulai hari Jumat (5/2/2021) sekitar jam 9,” pungkasnya. (cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved