Breaking News:

TRIBUN-MEDAN-WIKI: Menilik Kesenian Sikambang dari Tapanuli Tengah

Berbagai kesenian tradisional yang berkembang di Sumatera Utara menjadi daya tarik para wisatawan. Satu di antaranya seperti kesenian Sikambang.

TRIBUN MEDAN / HO
Kesenian Sikambang dari Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Berbagai kesenian tradisional yang berkembang di Sumatera Utara menjadi daya tarik para wisatawan. Satu di antaranya seperti kesenian Sikambang yang berasal dari Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Salah satu warga Tapteng, Sya'ban, mengatakan kesenian Sikambang berasal dari daerah pesisir pantai Kabupaten Tapteng. Biasanya, kesenian ini ditampilkan pada saat menyelenggarakan upacara adat.

"Kesenian Sikambang ini memang berasal dati Tapteng, biasanya ditampilkan atau digelar pada saat acara adat. Seperti, pernikahan, pesta khitanan dan lainnya," tuturnya, (3/2/2021)

Kemudian, wargab Tapteng juga, Afandi, mengatakan, kesenian Sikambang ini masih eksis sampai saat ini. Bahkan, masih dilestarikan di Kabupaten Tapteng, terutama di daerah pesisir, pada saat mengadakan pesta pernikahan.

"Kesenian Sikambang itu seperti tarian atau menari adat, tentunya tarian adat yang berkembang di Tapteng. Biasanya tradisi ini berkembang di kawasan pesisir ya," tuturnya.

Selanjutnya dilangsir dalam artikel Unimed, awalnya pada masa lampau kesenian Sikambang ini hanya dijadikan sebagai hiburan pada waktu senggang.

Terutama bagi para nelayan yang sedang menangkap ikan di laut.

Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, dan pengetahuan manusia akan ilmu budaya dan seni mengenai kesenian Sikambang.

Untuk fungsi kesenian Sikambang sendiri, digunakan dalam acara adat dan perayaan.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved