Breaking News:

8 Tahun Tak Naikkan Tarif, Perumda Tirta Uli Siantar Terapkan Beban Tetap ke Pelanggan

Catatan itu membuat PDAM Tirta Uli mengharuskan perusahaan mengevaluasi. Evaluasi memutuskan untuk menetapkan beban tetap kepada pelanggan.

Alija Magribi / Tribun Medan
Direktur Utama Perusda Tirta Uli Zulkifli Lubis (dua kanan) yang didampingi Direktur Umum Berliana Napitupulu (pertama kanan) jelaskan tarif beban tetap pelanggan, Rabu (3/2/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Uli mengambil langkah baru pascamaraknya penggunaan sumber air lain (sumur bor) di kalangan masyarakat kelas menengah, dan usahawan di Kota Pematangsiantar.

Perumda segera menerapkan beban tetap untuk mendorong pemakaian air di kalangan pelanggannya.

Kebijakan itu dikaji mempertimbangkan pertambahan penduduk, permintaan kualitas, kuantitas dan keberlangsungan dengan pertimbangan harga yang harus terjangkau.

"Tujuan beban tetap adalah bagaimana pelanggan menggunakan air untuk kebutuhan pokok. Untuk menyehatkan sebenarnya dibanding penggunaan sumur bor," ujar Direktur Perumda Tirta Uli Zulkifli Lubis di Siantar Hotel, Rabu (3/1/2021) malam.

Zulkifli mengatakan, Perumda Tirta Uli sendiri mencatat ada 8000 pelanggannya yang tidak memakai air dan hampir 20.000 pelanggan memakai air di bawah 10 meter kubik per bulan.

Catatan itu membuat PDAM Tirta Uli mengharuskan perusahaan mengevaluasi. Evaluasi memutuskan untuk menetapkan beban tetap kepada pelanggan.

Badan usaha plat merah milik Pemko Pematangsiantar ini akan mengenakan beban tetap bulanan kepada setiap pelanggan apabila pemakaian air kurang dari pemakaian air minimum.

"Tentunya tetap mengacu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 tahun 2016," beber Zulkifli.

Zulkifli menuturkan, pengenaan beban tetap sebenarnya keputusan yang tepat, mengingat selama 8 tahun, Perumda Tirta Uli tak pernah melakukan penyesuaian tarif.

Padahal, terangnya, inflasi dan tarif listrik kian naik setiap tahunnya.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved