Breaking News:

Update Covid19 Sumut 4 Februari 2021

Tahap Dua Vaksinasi Covid di Karo Akan Dilakukan Tanggal 18 Februari

Pada vaksinasi kali ini, suntikan vaksin diberikan kepada 10 orang dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karo.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
FORKOPIMDA Karo foto bersama vaksinator usai menjalani vaksinasi tahap awal di Pendopo Kabupaten Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Kamis (4/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo telah selesai melakukan proses vaksinasi tahap awal pada Kamis (4/2/2021).

Pada vaksinasi kali ini, suntikan vaksin diberikan kepada 10 orang dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karo, dan seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di 17 Puskesmas.

Amatan www.tribun-medan.com, setelah diberikan penyuntikan vaksinasi para penerima vaksin harus menjalani masa observasi selama kurang lebih 30 menit untuk melihat apakah ada gejala atau efek samping dari vaksin.

Namun, dari seluruh penerima vaksin tahap awal ini terlihat aman dan tidak menunjukkan adanya gejala yang berarti.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala M.kes, mengungkapkan dari total 3760 vial vaksin yang sudah tiba di Kabupaten Karo, semuanya mencukupi untuk kebutuhan dua kali pemberian vaksin.

"Total dosis yang diberikan untuk vaksinasi tahap awal ini sebanyak 1880 vial, tapi ini sepertinya tidak habis. Karena sebelum disuntikkan, calon penerima harus diperiksa kesehatannya. Dan kalau tidak lolos, maka akan batal diberikan suntikan. Jadi dari total vaksin yang ada, mencukupi untuk dilakukan dua kali penyuntikan bagi Forkopimda dan Nakes," ujar Irna, saat ditemui di Pendopo Kabupaten Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe.

Irna menjelaskan, setelah dilakukan vaksinasi tahap awal ini kemudian pemberian vaksin tahap kedua akan dilakukan selama 14 hari dari hari ini.

"Untuk tahap kedua, akan dilakukan 14 hari dari sekarang. Jadi nanti tanggal 18 bagi orang yang sudah menerima vaksin hari ini akan kita berikan suntikan kembali," ungkapnya.

Ketika ditanya berapa banyak Forkopimda yang diberikan suntikan vaksin tahap awal ini, dirinya mengatakan ada sebanyak 10 orang yang diberikan suntikan. Dari 10 orang itu di antaranya, Bupati Karo, Asisten tiga Pemkab Karo, Wakil Ketua DPRD Karo, Dandim 0205/TK, Kapolres Tanah Karo, Kepala Kejaksaan Negeri Karo, Kepala Pengadilan Negeri Kabanjahe, perwakilan dari MUI, dan beberapa orang dari Dinas Kesehatan.

"Kita jadwalkan ada 10 orang yang divaksinasi, tapi ada dua orang yang dinyatakan harus menunggu tahap selanjutnya. Karena pak Asisten 3 dan perwakilan dari MUI saat cek kesehatan, sedang flu," pungkasnya. (cr4/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved