Datang ke Ombudsman RI Perwakilan Sumut, KPK dan Ombudsman Rancang Pogram Bersama

Dalam pertemuannya, Ombudsman RI Perwakilan Sumut dan Tim Satgas KPK ini membahas kondisi penyelenggaraan pelayanan publik di Sumut saat ini.

TRIBUN MEDAN/ARJUNA
KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) berkunjung ke kantor Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara di Jalan Sei Besitang, Sei Kambing D, Medan Petisah, Sumatera Utara, Kamis (4/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkunjung ke kantor Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara di Jalan Sei Besitang, Sei Kambing D, Medan Petisah, Sumatera Utara, Kamis (4/2/2021).

Kedatangan Tim Koordinasi dan Supervisi (Korsup) KPK tersebut disambut kepala Ombudsman Sumut Abyadi Siregar. 

Dalam pertemuannya, Ombudsman RI Perwakilan Sumut dan Tim Satgas KPK ini membahas kondisi penyelenggaraan pelayanan publik di Sumut saat ini.

Kepala Ombudsman Sumut, Abyadi Siregar menyampaikan, Sumut perlu diperhatikan secara serius karena kondisi penyelenggaraan pelayanan publik di Sumut yang menjadi pintu masuk praktik korupsi. 

"Kondisi penyelenggaraan pelayanan publik di Sumut yang menjadi pintu masuk praktik korupsi, sangat perlu mendapat perhatian dan pengawasan yang serius. Secara umum, kondisi penyelenggaraan pelayanan publik di Sumut belum baik," ujar Abyadi Siregar.

Menurut Abyadi, tingkat kepatuhan pemerintah daerah terhadap standar pelayanan publik saja, sesuai amanah UU No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, masih belum baik.

Bahkan, masih banyak penyelenggaraan layanan di daerah belum mengacu pada standar layanan. 

Kondisi ini, tentu dianggap berpotensi mengakibatkan terjadinya praktik korupsi. Karena itulah, sinergi Ombudsman RI Perwakilan Sumut dengan KPK menjadi sangat penting.

Sebagai langkah awal, KPK dan Ombudsman merancang sebuah program bersama. Misalnya menggelar rapat koordinasi bersama jajaran pemerintah daerah melalui virtual. 

Kedepannya KPK dan Ombudsman RI Perwakilan Sumut akan membangun komunikasi yang intens guna mempertajam pengawasan, berhubung KPK tidak memiliki kantor di Sumut, maka keberadaan Ombudsman sebagai mitra dalam pengawasan, menjadi sangat penting dan semoga terjalinnya kordinasi ini dapat membuat Sumut yang lebih baik lagi kedepannya.

Dalam kunjungannya Tim Koordinasi dan Supervisi (Korsup) KPK dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Tugas (Satgas) I-1 Marulitua Manurung, didampingi Mohammad Jhanattan dan Tri Desa Adi Nurcahyo.(jun/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved