Breaking News:

Dinas Pendidikan Siantar Godok Perampingan Sekolah Dasar dari 116 jadi 73

Dinas Pendidikan tengah menggodok perampingan sekolah dasar negeri yang ada di Pematangsiantar.

HO / Tribun Medan
Kantor Dinas Pendidikan Pematangsiantar (Sementara) Jalan Siatas Barita, Kota Pematangsiantar 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Dinas Pendidikan tengah menggodok perampingan sekolah dasar negeri yang ada di Pematangsiantar.

Sesuai rencana, jumlah sekolah dari yang tadinya 116 sekolah, akan dirampingkan menjadi 73 sekolah. Wacana ini pun merupakan program re-grouping sebagai upaya pengefektifan dunia pendidikan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Lusamti Simamora yang ditemui Tribun Medan, menyampaikan wacana re-grouping SD diharapkan terealisasi pada tahun 2021 ini.

"Terkait wacana ini, kita bekerjasama dengan UNIMED untuk memberi kajian akademis tentang re-grouping SD di Siantar. Kita libatkan beberapa guru besar, termasuk ada mantan Ketua LLDikti, Profesor Dian Armanto,"  ujar Lusamti, Jumat (5/2/2021) siang.

Lusamti menyebut re-grouping berfokus pada sekolah sekolah yang masih dalam satu komplek. Nantinya dua atau tiga sekolah dalam satu komplek yang sama bakal berubah menjadi hanya satu sekolah.

Seiring re-grouping sekolah ini, otomatis jumlah kepala sekolah juga akan dirampingkan. Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan akan melakukan asasemen mendalam untuk memilih kepala sekolah yang baru.

"Makanya, untuk mempersiapkan re-grouping, bidang manajemennya juga kita perhatikan. Bisa jadi Kepsek yang di sekolah itu, pindah di sekolah lain, sangat memungkinkan," kata Lusamti.

Lusamti menjelaskan tujuan re-grouping SD diharapkan akan meningkatkan kualitas pendidikan Kota Pematangsiantar.

Nantinya, bila terjadi kekosongan sekolah atau ruang kelas, Dinas Pendidikan Pematangsiantar akan mewacanakan pembuatan Taman Kanak-kanak (TK) berstatus negeri.

Pasalnya jumlah TK Negeri di Siantar saat ini tergolong kurang untuk usia anak-anak.

"Sekolah sekolah yang bisa jadi kosong, bakal kita jadikan Taman Kanak-kanak (TK). Entah itu satu atau dua kita lihatlah setelah re-grouping ini," pungkas Lusamti.

(Alj/tribun-medan.com) 

Penulis: Alija Magribi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved