Breaking News:

Kebun Teh Bah Butong, Dibangun Sejak Tahun 1917 dan Tehnya Terkenal Sampai Eropa

Sama halnya dengan Air Terjun Bah Biak Simalungun, kawasan kebun teh ini sudah lama ada sejak zaman dahulu.

Tribun Medan / Silfa Humairah
Kebun Teh Bah Butong di Simalungun, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Kebun Teh Bah Butong lokasi wisata yang berada di Desa Bah Butong, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sebelumnya wartawan www.tribun-medan.com membahas satu diantaranya lokasi wisata yang berada di satu kawasan dengan Kebun Teh Bah Butong yang bernama Air Terjun Bah Biak Simalungun.

Maka tak lazim rasanya kalau tidak membahas tentang kebun teh ini.

Sama halnya dengan Air Terjun Bah Biak Simalungun, kawasan kebun teh ini sudah lama ada sejak zaman dahulu.

"Sepengetahuan saya kawasan Kebun Teh Bah Butong dibuka pada tahun sekitar 1917. jadi kalau dihitung sampai sekarang, maka umur kebun teh ini sudah ratusan tahun lamanya," ucap Rusdi seorang warga, Jumat (5/2/2021).

Lanjut Rusdi, kemudian pada tahun 1927 didirikanlah pabrik pertama di lokasi ini. Tetapi baru bisa beroperasi pertamakali pada tahun 1931.

"Memang kawasan kebun teh ini sudah lama sekali. Kalau di tanyak sama orang yang sekarang mungkin sudah pada tidak tau sejak kapan sudah ada. Saya pun diceritakan sama kedua orang tua saya semasa hidup mereka," ujar Rusdi.

Sementara itu, hingga sekarang kawasan Kebun Teh Bah Butong atau biasa yang kenal dengan Kebun Teh Sidamanik ini di bawah pengelolaan badan usaha milik negara Republik Indonesia.

Informasi yang dihimpun, kualitas teh Bah Butong sangat nikmat dan sudah sangat terkenal ke beberapa negara eropa. Seperti diantaranya, Inggris, Belanda, Jerman, Italia, Prancis, dan Spanyol.

Hamparan kebun teh sendiri berada di sisi kanan kiri jalan. Untuk bisa masuk ke lokasi kebun, pengendara dikenakan biaya masuk Rp 10 rinbu untuk roda empat, dan Rp 5 ribu untuk roda dua.

Warga punya pilihan untuk bewisata foto di sana. Bagi yang ingin memiliki latar selain hamparan kebun teh, seperti tulisan Bah Butong, replika boneka teletubbies, aneka bunga buatan, serta mengenakan peralatan memetik teh seperti topi dan bakul, setiap orang akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5 ribu.

Bagi pengunjung yang tertarik ke Kebun Teh Bah Butong ini, apabila berangkat dari pusat Kota Medan akan melakukan perjalanan darat selama empat jam dengan jarak tempu sekitar 154 kilometer.

Bagi pengunjung yang merasakan kesulitan menemukan lokasi, tak perlu khawatir karena sudah tersedia di Google Maps.

(CR23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved