Breaking News:

Aktivitas Vulkanik Gunung Sinabung Kembali Meningkat, Masyarakat Diimbau Waspadai Potensi Awan Panas

Armen menjelaskan, dalam berapa hari terakhir ini pihaknya mencatat adanya peningkatan aktivitas kegempaan dan guguran. 

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
PENGAMAT Gunung Sinabung Armen Putra mengecek aktivitas Gunung Sinabung di pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpangempat, Minggu (7/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung hingga saat ini masih terus mengalami perubahan secara fluktuatif.

Bahkan, beberapa waktu terakhir petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), yang ada di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, mencatat adanya peningkatan aktivitas vulkanik dari dalam perut gunung. 

Hal ini diungkapkan oleh Pengamat Gunung Sinabung Armen Putra, saat ditemui di pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpangempat, Minggu (7/2/2021).

Armen menjelaskan, dalam berapa hari terakhir ini pihaknya mencatat adanya peningkatan aktivitas kegempaan dan guguran. 

"Aktivitas Gunung Sinabung dalam 24 jam terakhir ini, kita lihat mengalami peningkatan berupa awan panas dan peningkatan aktivitas guguran," ujar Armen. 

Armen menjelaskan, dalam beberapa kali mengalami aktivitas guguran pihaknya mendata jarak luncur material yang meluncur dari puncak gunung juga semakin jauh.

Dirinya mengatakan, terbaru pada saat terjadinya awan panas guguran Sabtu (6/2/2021) kemarin, awan panas menggulung sejauh 2500 meter. 

"Jaraknya juga sekarang semakin jauh, dan kemarin terbaru itu di angka 2500 meter. Ini merupakan jarak terjauh selama kurun waktu satu bulan terakhir," ungkapnya. 

Dirinya menyebutkan, pihaknya melihat sampai saat ini aktivitas guguran masih tetap tinggi.

Hal ini, dikarenakan adanya kubah lava di puncak Gunung Sinabung yang volumenya semakin membesar setiap harinya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved