Breaking News:

Ini Tanggapan Camat Lubukpakam soal PKL Ditempatkan di Sekitar Sekolah

Camat Lubukpakam, Kurnia Boloni Sinaga membenarkan spot lokasi pedagang saat ini sudah permanen.

Tribun-Medan.com/Indra Gunawan
Lapak PKL berjejer di depan sekolah MAN 2 Deliserdang dan MTs N Lubukpakam Minggu, (7/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Camat Lubukpakam, Kurnia Boloni Sinaga membenarkan spot lokasi pedagang saat ini sudah permanen.

Meski berada di area pusat pendidikan mengingat ada dua sekolah yakni MTs dan MAN, namun Pemkab sudah menentukan kalau lokasi tersebut memang merupakan spot kuliner untuk mendukung wisata Masjid Agung Pemkab Deliserdang.

Kawasan di sekitar lokasi akan dijadikan sebagai kawasan wisata religi karena gedung open stage yang di dekat lokasi masjid juga akan dibangun miniatur Ka'bah.

"Plotingnya di situ menang untuk spot kuliner. Permanen lokasinya di situ nggak dipindahkan lagi. Makanya dibuat paving blok lantainya dan dikasih gerobak.

Jadi nanti ini semua akan terintegrasi mereka nggak bisa ditempatkan di lokasi gedung open stege karena disitu mau dibuat minatur Ka'bah untuk orang tawaf cuma bertahap pembangunannya.

Jadi nanti semua akan terintegrasi supaya bagus dan menjadi tempat wisata religi," kata Kurnia Boloni Sinaga Minggu, (7/2/2021).

Mengenai keberadaan dua sekolah tersebut, pria yang akrab disapa Boy ini menyebut selama ini tidak pernah ada keluhan dari pihak sekolah.

Ia mengatakan, saat ini ada 40-an pedagang di lokasi itu. Meski saat ini tenda pedagang masih beragam bentuk dan rupa warnanya namun untuk ke depan akan dibuat sama agar tidak tampil kumuh.

"Tenda akan ada bantuan dari Bank Sumut sebagai CSR-nya. Tugas kami sekarang mendorong bagaimana tempat itu berfungsi secara optimal makanya yang dilakukan penguatan kelembagaan.

Mendorong pedagang membentuk paguyuban dan selanjutnya mereka harus mampu bertahan di lokasi yang sudah direlokasi.

Halaman
12
Penulis: Indra Gunawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved