Breaking News:

KPPU Ungkap Hasil Kajian Penentuan Pasar dalam Penegakan Hukum di Sektor Ekonomi Digital

Nilai ekonomi digital Indonesia mencapai USD 44 miliar pada tahun 2020 atau meningkat 11 persen dibandingkan tahun 2019.

Daniel Prabowo/KONTAN
Kantor KPPU 

TRIBUN-MEDAN.com - Indonesia saat ini sedang berada di jalur untuk menjadi salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara.

Nilai ekonomi digital Indonesia mencapai USD 44 miliar pada tahun 2020 atau meningkat 11 persen dibandingkan tahun 2019.

Diprediksi pada tahun 2025, nilai valuasi ekonomi digital Indonesia akan mencapai USD 124 miliar dan menjadi negara dengan valuasi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

"Peningkatan nilai ekonomi juga diikuti dengan semakin banyaknya pelaku usaha yang terlibat di sektor ekonomi digital dan memperketat persaingan antar pemain," ujar Komisioner KPPU Ukay Karyadi dalam keterangan tertulis, Minggu (7/2/2021).

Ia mengatakan, KPPU menyadari bahwa perlu pendekatan yang berbeda dalam mengawasi sektor ekonomi digital.

Sehingga dibutuhkan suatu kajian yang mendalam agar KPPU dapat memahami bagaimana mendeteksi kekuatan pasar (market power) dan menentukan pasar bersangkutan (relevant market) yang tepat di sektor ekonomi digital.

"Kajian KPPU untuk sektor ekonomi digital pada tahun 2020 berfokus pada mempelajari factor-faktor dan perilaku konsumen yang mempengaruhi penentuan pasar bersangkutan di sektor tersebut," imbuhnya.

Dari kajian itu, KPPU menemukan bahwa persaingan usaha pada platform online, terutama e-commerce disokong oleh dua faktor utama yang saling berkaitan, yakni penguasaan data dan keberadaan jaringan informasi.

"Artinya, perusahaan yang kuat dalam penguasaan data akan sangat mudah untuk membentuk jaringan informasi. Sementara perusahaan yang menguasai jaringan informasi akan jauh lebih mudah mengumpulkan data dalam jumlah yang besar," jelas Ukay.

Penguasaan jaringan tersebut banyak dilakukan dengan memaksimalkan peran media sosial dan mesin pencari.

Halaman
12
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved