Breaking News:

Kadishub Medan Bantah Disebut tak Kerja Keras, Targetkan Pencapaian Retribusi Parkir Meningkat

Anggota Komisi IV DPRD Medan, David Roni Ganda Sinaga menuding terjadi kebocoran pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir.

Thinkstock
Ilustrasi parkir. 

TRIBUN-MEDAN.com-Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis menolak disebut tidak bekerja secara maksimal dalam mengumpulkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir.

Iswar berdalih, kondisi pandemi Covid-19 di Kota Medan menjadi salah satu penyebab turunnya PAD dari sektor parkir.

“Kalau menurun, memang betul. Jelas tahun 2020 lalu, PAD kita dari parkir menurun dari tahun 2019. Begitu pun tahun 2020 lalu kita masih bisa mencapai PAD Rp 15 miliar dari sektor parkir,” ucapnya saat rapat dengan Komisi IV DPRD Medan, Senin (8/2/2021).

Tahun 2019, PAD Kota Medan dari retribusi parkir mencapai mencapai Rp 24 miliar.

“Selama Dinas Perhubungan Kota Medan berdiri, belum pernah retribusi parkir di Kota Medan mencapai Rp24 miliar seperti itu. Kalau kita tidak serius dalam meningkatkan PAD dari retribusi parkir, mana mungkin kita bisa mencapai angka Rp 24 miliar itu?” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis
Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis (T R IBUN-Medan.com/Gita)

Iswar menyatakan, pihaknya akan berupaya agar PAD Kota Medan dari retribusi parkir dapat kembali meningkat. Ia bahkan menargetkan perolehan retribusi parkir pada tahun ini bisa menyamai bahkan melebihi capaian pada 2019.

“Tahun ini, kalau melebihi tahun lalu (Rp15 miliar), kami dapat pastikan itu. Tapi begitu pun, kita sedang berusaha supaya bisa mencapai bahkan melebihi capaian di 2019,” lanjutnya.

Tak cuma berfokus kepada PAD dari retribusi parkir, Iswar juga mengatakan pihaknya sedang berusaha melakukan penertiban parkir.

“Jadi tidak melulu soal PAD, tapi juga soal aturan. PAD nya bagus tapi banyak parkir yang menyalahi aturan, untuk apa juga. Kita mau dan kita sedang berusaha agar parkir di Kota Medan pada tahun ini setidaknya bisa lebih tertata, dan pastinya kita sedang berupaya agar supaya PAD nya juga bisa kembali meningkat,” pungkasnya. 

Masuk Kantong Lain

Halaman
12
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved