Breaking News:

Tribun travel

Tangkahan Lobu, Pemandian Alam yang Dikelilingi Pepohonan Hijau dan Masih Alami

Tangkahan Lobu merupakan objek wisata pemandian alam yang airnya bisa dibilang  jernih, segar, dan dingin pula. Ditambah pepohonan yang hijau.

TRIBUN MEDAN/M ANIL
PEMANDIAN alam Tangkahan Lobu yang berada di Desa Meranti Omas, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, LABURA - Menghabiskan waktu liburan dengan menyusuri alam merupakan kegiatan yang mengasyikan. Seperti halnya tempat wisata yang berada di Kabupaten Labuhanbatu Utara yang bernama Tangkahan Lobu.

Tangkahan Lobu merupakan objek wisata pemandian alam yang airnya bisa dibilang  jernih, segar, dan dingin pula. Ditambah pepohonan yang hijau serta udara yang masih alami.

"Biasanya kalau saya pulang kampung, pasti ke sana juga jalan-jalannya sama keluarga. Memang kemaren pernah tutup akibat pandemi Covid-19. Cuma sekarang udah di buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan," ucap Asrul seorang mahasiswa swasta di Kota Medan asal Labuhanbatu Utara, Selasa (9/2/2021).

Dikatakan Asrul, misal ada pengunjung yang tertarik mengunjungi lokasi wisata ini, kalau bisa bisa memiliki waktu yang cukup panjang.

"Kalau bisa saat mau ke sini, punya waktu yang cukup panjang. Karena kita di sini bisa menjelajahi tiga tempat wisata sekaligus. Pertama ke Pantai Monyet, Tangkahan Lobu, dan terakhir Goa Kaca," ucap Asrul.

Sementara itu, selain berenang di aliran sungai, beragam aktifitas bisa dilakukan pengunjung, diantara lain, bagi yang memiliki adrenalin cukup tinggi, pengunjung bisa melompat dari atas jembatan penghubung.

"Yang berani bisa melakukan lompatan dari atas jembatan. Tapi tetap hati-hati, karena banyak bebatuan. Soal kedalaman juga berhati-hati. Beberapa sisi kedalaman air berbeda-beda," ujar Asrul.

Untuk para pengunjung juga diharapkan untuk menjaga kebersihan kawasan wisata Tangkahan Lobu.

"Kadang yang membuat mata ini sakit, pengunjung ini usil tangannya mencoret-coret batu yang ada di wisata ini. Kita perlu juga menjaga kelestarian tempat ini," ujar Asrul.

Tangkahan Lobu ini tepatnya terletak di Desa Meranti Omas, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Pengunjung bisa ke lokasi ini melalui perempatan Desa Kampung Pajak atau dari simpang Koramil Aek Kota Batu. 

Untuk mencapai lokasi wisata, pengunjung yang berasal dari Pusat Kota Medan akan melakukan perjalanan darat selama tujuh jam dengan jarak tempuh lebih kurang 285 kilometer.

Apabila pengunjung merasakan kesulitan menemukan rutenya, pengunjung bisa menggunakan Google Map.

Namun, arah atau rute yang ditujuk oleh aplikasi penunjuk jalan ini hanya sampai di Desa Meranti saja.

Pengunjung tak perlu khawatir, apabila sudah tiba di desa tersebut, jangan sungkan untuk bertanya ke warga sekitar, arah menuju Tangkahan Lobu. (cr23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved