Breaking News:

TRIBUN-MEDAN-WIKI: Menilik Pisau Tumbuk Lada dari Karo

Pisau Tumbuk Lada melambangkan nilai tanggung jawab, melaksanakan tugas sesuai sistem kekerabatan pada masyarakat Karo dan nilai pembelaan diri.

TRIBUN MEDAN / HO
Senjata tradisional Karo, Pisau Tumbuk Lada melambangkan nilai tanggung jawab, melaksanakan tugas sesuai sistem kekerabatan pada masyarakat Karo dan nilai pembelaan diri. 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Indonesia dikenal kaya akan senjata tradisional. Satu di antara senjata tradisional, yakni Pisau Tumbuk Lada dari suku Karo, di Sumatera Utara.

Dilansir dari artikel di Universitas Negeri Medan, Pisau Tumbuk Lada melambangkan nilai tanggung jawab, melaksanakan tugas sesuai sistem kekerabatan pada masyarakat Karo dan nilai pembelaan diri.

Satu di antara warga Karo, Mahaga Perangin angin, menyampaikan pembenaran bahwa Pisau Tumbuk Lada adalah pisau khas Karo.

Pisau ini terbuat dari kuningan. Kalau pada masa dahulu pisau ini menjadi senjata tradisional masyarakat Karo.

"Pisau ini sekarang banyak juga digunakan untuk perhiasan. Tapi, Pisau Tumbuk lada ada beberapa motif ukirannya dan ada juga yang tidak berukir. Bahan pisau juga berbeda beda tergantung kepada keperluannya," ujarnya, Selasa (9/2/2021).

Sambungnya menjelaskan, konon pisau tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan tertentu yang bersifat mistis.

Misalnya pada upacara Ngelegi Besi Mersik kepada kalibumbu.

Warga Karo lainnya, Roy Sandi Tarigan, mengatakan biasanya untuk bahan gagang pisau tersebut dari tanduk kerbau.

"Pisau ini terbuat dari kuningan atau besi dan sarungnya itu biasanya terbuat dari pangkal bambu. Nah pada pangkal sarung itu terdapat benjolan bundar yang selalu dihiasi dengan ukiran atau dipahat. Biasanya ukiranya bentuk kepada ayam," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved