Breaking News:

UN Ditiadakan, Disdik Karo Terapkan Portfolio Untuk Penghitungan Nilai Siswa

Kadisdik Karo mengatakan, pada tahun ini sistem kelulusan bagi siswa kelas enam dan kelas sembilan hampir sama dengan tahun lalu.

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, Eddi Surianta Surbakti. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, memutuskan jika pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tahun ini kembali ditiadakan.

Menanggapi keputusan ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karo diketahui sejak kemarin juga telah menyebarkan surat edaran terkait pelaksanaan ujian di tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Dr Eddi Surianta Surbakti, menjelaskan pada tahun ini sistem kelulusan bagi siswa kelas enam dan kelas sembilan hampir sama dengan tahun lalu.

Untuk kelulusan bagi siswa yang telah mencapai kelas akhir di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ditentukan oleh masing-masing sekolah.

"Kalau sistemnya hampir sama, perihal bagaimana prosesnya kita serahkan ke masing-masing sekolah," ujar Eddi, Selasa (9/2/2021).

Eddi menjelaskan, untuk sistem penilaian bagi siswa dilakukan dengan sistem portfolio.

Ia mengatakan, dari sistem ini diartikan jika sekolah melakukan akumulasi nilai dari para siswa dengan beberapa penilaian yang telah dilakukan dalam dua semester terakhir.

"Ya nantinya digabungkan nilai dari beberapa kali siswa mengikuti ujian baik ujian semester maupun ujian lainnya," ucapnya.

Selain penilaian secara akademik, ternyata pada portfolio ini siswa juga dinilai secara non akademik.

Eddi mengatakan, nilai non-akademik yang nantinya juga menjadi acuan penambahan nilai ialah seperti perilaku siswa selama menjalani proses belajar.

"Memang dengan adanya penilaian terhadap sikap/perilaku siswa, menjadi salah satu pembeda dengan UN. Dan dengan ujian seperti ini, sekolah bisa memuat seperti apa potensi dan kemampuan dari masing-masing siswanya," pungkasnya.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved