Breaking News:

Tribun travel

Berenang Sambil Menikmati Pemandangan Danau Toba dari Aliran Aek Sipangolu

Air dingin dan segar dari sumber Aek Sipangolu ini, mengalir langsung ke kolam renang buatan masyarakat yang berada tepat di bawahnya.

TRIBUN MEDAN/M ANIL
KOLAM renang yang bersumber dari Aek Sipangolu yang berada di Desa Simangulampe, Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, HUMBAHAS - Setiap objek wisata punya keunikan masing-masing. Mulai dari nama  wisata, sejarah, bahkan keindahan tempat wisata tersebut. Seperti halnya tempat wisata yang bernama Aek Sipangolu.

Berlokasi tidak jauh dari Dolok Sanggul, Aek Sipangolu berada tepat di Desa Simangulampe, Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara.

Air dingin dan segar dari sumber Aek Sipangolu ini, mengalir langsung ke kolam renang buatan masyarakat yang berada tepat di bawahnya.

"Tidak hanya mengalir ke kolam renang saja, air kemudian mengalir lagi langsung ke Danau Toba. Berenang di kolam renang dengan pemandangan biru Danau Toba tentunya memberikan sensasi yang segar," ujar Frans, warga sekitar sekaligus mahasiswa universitas negeri di Kota Medan, Rabu (10/2/2021).

Dikatakan Frans, pengunjung tak perlu khawatir meski berenang di bawah teriknya matahari.

Sebab pepohonan mangga akan meneduhkan saat bermain air di kolam renang dan pinggiran Danau Toba ini.

ALIRAN air dari Aek Sipangolu yang mengalir ke kolam renang.
ALIRAN air dari Aek Sipangolu yang mengalir ke kolam renang. (TRIBUN MEDAN/M ANIL)

"Berenang di Danau Toba diperbolehkan saja. Namun hanya untuk orang dewasa atau remaja saja. Untuk anak-anak tidak diperbolehkan. Soal biaya, pengunjung hanya perlu mengeluarkan untuk uang kebersihan saja," ujar Frans.

Pada pancuran air yang segar dan bersih, pengunjung bisa langsung meminumnya. Karena sumber air langsung dari mata airnya.

Sementara itu, setelah asyik bermain air, pengunjung jangan cemas. Tersedia tempat mandi dan pondok-pondok kecil yang digunakan untuk beristirahat.

Sembari bersantai, wisatawan dapat menyantap makanan khas yang tersedia yang cocok dinikmati setelah puas berenang. Seperti mie instan yang menjadi menu favorit. Kuahnya yang panas, mengahangatkan badan dari segar dan dinginnya di Aek Sipangolu. Harga tentunya bersahabat.

Tidak ada tiket masuk ke pemandian ini alias gratis. Namun demikian pengunjung tetap harus menjaga kebersihan selama berada di kawasan Aek Sipangolu, Kabupaten Humbahas ini.

Bagi pengunjung yang berasal dari Kota Medan, apabila tertarik mengunjungi lokasi wisata ini akan menempuh perjalanan darat lebih kurang enam jam dengan jarak tempuh 228 kilometer.

Merasa kesulitan menemukan lokasi Aek Sipangolu, pengunjung tak perlu khawatir, karena lokasi sudah tersedia di Google Maps. (cr23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved