Breaking News:

Wali Kota Binjai Juliadi Meninggal

Juliadi Meninggal Dunia, Amir Hamzah Akan Dilantik Jadi Wali Kota Binjai, Begini Keterangan KPU

Wakil Wali Kota Binjai terpilih, Amir Hamzah akan dilantik menjadi Wali Kota Binjai.

Tribun-Medan.com/Dedy Kurniawan
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi-Amir Hamzah ketika mengantar syarat pencalonan ke KPU Binjai, beberapa waktu lalu. Wali Kota Binjai terpilih Juliadi meninggal dunia pada Selasa (10/2/2021) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Wakil Wali Kota Binjai terpilih, Amir Hamzah akan dilantik menjadi Wali Kota Binjai.

Kebijakan ini akan diterapkan setelah Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi meninggal dunia pada Selasa (9/2/2021) malam sekitar pukul 22.40 WIB di ruang ICU RS Bunda Thamrin.

Komisioner KPU Binjai Divisi Hukum, Arifin Saleh mengatakan, Amir Hamzah lah yang akan dilantik menjadi Wali Kota Binjai.

Katanya, Amir Hamzah akan dilantik terlebih dahulu sebagai Wakil Wali Kota dan Pelaksana Tugas (Plt).

"Amir Hamzah yang akan dilantik jadi Wali Kota Binjai terpilih. Nanti mekanisme dilantik dulu jadi Wakil Wali Kita dan Plt. Baru dilantik jadi Wali Kota sesuai peraturan Kemendagri," jelasnya, Rabu (10/2/2021).

Arifin menjelaskan, regulasi dan mekanisme ini tertuang dalam Pasal 173 ayat (1) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Pasal 173 ayat (1) mengatur, dalam hal Gubernur, Bupati, dan Wali Kota berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri, diberhentikan, maka wakil gubernur, wakil bupati, dan wakil wali kota menggantikan gubernur, bupati, dan wali kota.

"Tahapan pelantikan kami tidak punya wewenang, jadwal pelantikan menjadi ranah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," kata Arifin Saleh.

Wali Kota Binjai terpilih Juliadi meninggal setelah dirawat intensif selama 11 hari di Rumah Sakit Bunda Thamrin akibat terpapar Covid-19.

Jenazah dimakamkan sesuai protokol kesehatan Covid-19 di kampung halamannya di Desa Sei Limbat, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved