Breaking News:

Tribun travel

Wisata Aek Sipangolu di Humbahas, Konon Airnya Bisa Diminum dan Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Aek Sipangolu atau biasa yang disebut masyarakat sekitar air kehidupan diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

TRIBUN MEDAN/M ANIL
KOLAM renang yang bersumber dari Aek Sipangolu yang berada di Desa Simangulampe, Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, HUMBAHAS - Objek wisata Aek Sipangolu terletak di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatra Utara.

Seperti diketahui, Baktiraja merupakan kecamatan yang berada di pinggiran Danau Toba.

Setiap melangkah di satu sisi, pasti pemandangan Danau Toba selalu terlihat dengan jelas dengan kedua mata saat berada di kecamatan ini.

Aek Sipangolu banyak menyimpan cerita yang terbilang cukup unik dan bersejarah.

Selain mengeluarkan air yang jernih, dan dikelola masyarakat menjadi sumber air untuk mandi di kolam renang, siapa sangka banyak cerita menarik lainnya disamping hal itu.

Aek Sipangolu atau biasa yang disebut masyarakat sekitar air kehidupan diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

"Percaya enggak percaya sih, yang saya dengar menurut kepercayaan penduduk setempat, dengan berdoa sebelum meminum, mencuci muka, mandi atau melakukan ritual kecil di Aek Sipangolu, penyakit yang ada di dalam tubuh akan terangkat dan hilang," ucap Frans, warga sekitar, Rabu (10/2/2021).

Selain menyembuhkan penyakit, pria yang berprofesi sebagai mahasiswa di sebuah universitas negeri di Kota Medan ini menuturkan, masalah akan berkurang dan kehidupan akan semakin membaik setelah meminum, mencuci muka, dan mandi.

Air dingin dan segar dari sumber Aek Sipangolu ini, juga mengalir langsung ke kolam renang buatan masyarakat yang berada tepat dibawahnya.

"Tidak hanya mengalir ke kolam renang saja, air kemudian mengalir lagi langsung ke Danau Toba. Berenang di kolam renang dengan pemandangan biru Danau Toba tentunya memberikan sensasi yang segar," ucap Frans.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved