Breaking News:

Update Covid19 Sumut 11 Februari 2021

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Satgas Sumut Imbau Masyarakat Tak Bepergian Selama Libur Imlek

Satgas Covid-19 Sumut mengimbau masyarakat agar menunda aktivitas bepergian ke luar kota atau pun tempat-tempat wisata selama libur panjang Imlek 2572

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, masyarakat diimbau menunda aktivitas bepergian ke luar kota atau pun tempat-tempat wisata selama libur panjang Imlek 2572. Petugas Kesehatan melayani warga tes usap (swab test) Covid-19 PCR, di BTKLPP Kelas I Medan, Senin (1/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sumatera Utara mengimbau masyarakat agar menunda aktivitas bepergian ke luar kota atau pun tempat-tempat wisata selama libur panjang Imlek 2572.

Koordinator Informasi Satgas Covid-19 Sumut, Irman Oemar menyebutkan, imbauan itu disampaikan karena dikhawatirkan momen libur Imlek tersebut berpotensi meningkatkan penyebaran dan kasus covid-19 di Sumut.

"Saat ini kita sedang mengalami lonjakan kasus positif covif-19 yang signifikan, kemudian kita juga akan melewati libur panjang Tahun Baru Imlek. Kita meminta masyarakat agar tidak bepergian sehingga penyebaran covid-19 bisa kita kendalikan," kata Irman, di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan, Kamis (11/2/2021).

Berdasarkan data, per tanggal 10 Februari 2021, Sumut mengalami lonjakan kasus covid-19 dengan pertambahan sebanyak 224 orang terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

Kondisi itu membuat Satgas Covid-19 Sumut mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap berada di rumah selama libur panjang tersebut.

"Tetap di rumah, tunda dulu liburan dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 5 M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas," tegas Irman.

Irman menambahkan, untuk percepatan penanganan Covid-19, Gubernur Sumut sudah mengeluarkan instruksi Nomor 188.54./2/INST/2021 terkait Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat 1 Februari 2021 hingga 14 Februari 2021.

Dalam instruksi tersebut mengatur, antara lain pemberlakuan Work From Home (WFH) 50 persen, mengurangi kapasitas usaha makan/minum 50%, membatasi jam operasional untuk pusat perbelanjaan, kafe dan usaha makan/minum hingga pukul 21.00 WIB dan pukul 22.00 WIB untuk hiburan malam.

Dan demi memastikan Instruksi Gubernur Sumut berjalan, maka Pemprov Sumut telah berkoordinasi dengan TNI/Polri dan Satpol PP di setiap daerah, agar protokol kesehatan tetap dipatuhi seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved