Breaking News:

Dua Hari Kunjungan Kerja di Kawasan Toba, Menko Marves Tinjau Kesiapan Sarpras DPSP Toba

Menko Luhut juga melanjutkan perjalanannya menuju Pulau Samosir melalui Pelabuhan Ajibata sekaligus meninjau pembangunan yang ada.

TRIBUN MEDAN/MAURITS
MENKO Marves Luhut Binsar Panjaitan dalam kunjungan kerja di kawasan Danau Toba selama dua hari, sejak Kamis (11/2/2021) hingga Jumat (12/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE -  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melakukan kunjungan kerja di kawasan Toba selama dua hari.

Kedatangannya ke kawasana Danau Toba dalam rangka meninjau kemajuan pembangunan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). 

Dari penuturan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan melalui Biro Komunikasi Kemenko Marves, beberapa sarana dan prasarana (sarpras) pariwisata telah ditinjau, antara lain pelabuhan, desa wisata, akses jalan tol, dan berbagai pembangunan lainnya. 

"Saya tinjau beberapa lokasi yang ada di sini, saya ingin lihat perkembangan keseluruhan dari kesiapan Toba sebagai salah satu DPSP," ungkap Menko Luhut dalam paparan tertulis Biro Komunikasi Kemenko Marves yang diterima Tribun-Medan.com pada Sabtu (13/2/2021).

Kunjungan di hari pertama dimulai dengan site visit ke Dermaga Porsea untuk melihat progres pembangunan galangan kapal dan mengecek dua unit bus air yang akan segera beroperasi. 

Selanjutnya, rombongan Menko Marves juga melakukan kunjungan ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Balige, yang merupakan SMKN dengan Kejuruan Pariwisata.

SMKN ini diharapkan mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang unggul dalam bidang pariwisata untuk mendukung dan pengembangan DPSP Danau Toba

Selanjutnya, kunjungan dilakukan ke Dermaga Balige dan Desa Wisata Lintong Ni Huta. Kunjungan Menko Marves ke desa wisata tersebut secara spesifik adalah untuk meninjau pembangunan toilet yang telah diselesaikan oleh Pertamina. 

"Pembangunan ini dibantu oleh Pertamina. Menjadi hal yang penting untuk membangun fasilitas umum seperti ini supaya calon wisatawan merasa nyaman dan bersih," lanjutnya. 

Pada hari kedua, Menko Luhut melakukan peninjauan ke Pantai Bebas Parapat untuk melihat penataan kawasan atraksi wisata yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved