Breaking News:

Lepas Ekspor Perdana Melalui Pelabuhan Sibolga, Wagub Ijeck Sebut Bisa Promosikan Daerah

Wagub Ijeck secara resmi melepas perdana ekspor barang melalui Pelabuhan Sibolga yang merupakan pelabuhan milik PT Pelindo 1, Sabtu (13/2/2021).

TRIBUN MEDAN / ist
Wagub Sumut, Musa Rajekshah atau Ijeck (tengah) saat melepas barang eskpor perdana melalui Pelabuhan Kota Sibolga milik PT Pelindo 1, Sabtu (13/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara, Musa Rajekshah atau Ijeck secara resmi melepas perdana ekspor barang melalui Pelabuhan Sibolga yang merupakan pelabuhan milik PT Pelindo 1, Sabtu (13/2/2021).

Adapun barang perdana yang diekspor yakni komoditi kayu lapis PT Mujur Timber dengan volume kurang lebih 5.700 meter kubik dengan nilai Rp 20 miliar.

Wagub Ijeck mengatakan, ekspor perdana ini merupakan dukungan Pelindo 1, kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Imigrasi dan bea cukai yang bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Kapal berbendera Belanda ini nantinya akan langsung ke Inggris dan Belgia. Akan mengantarkan barang kita ke sejumlah negara di Inggris dan juga sekaligus mempromosikan daerah asal barang yang di ekspor," kata Ijeck, Sabtu.

Ia berharap, kawasan pantai barat Sumatra, seperti Aceh dan lainnya, turut dapat memanfaatkan pelabuhan Sibolga ini. Sebab ekspor barang ke berbagai negara akan lebih mudah dan murah.

"Dengan dimulainya kegiatan internasional melalui Pelabuhan Sibolga ini diyakini biaya angkut untuk komoditi di sekitar akan lebih murah. Jumlah tenaga kerja yang terserap juga akan meningkat. Berdayakan masyarakat sekitar dengan beroperasinya Pelabuhan Sibolga ini," jelasnya.

Ijeck pun mengapresiasi kondisi pelabuhan penumpang di Pelabuhan Sibolga yang ia nilai sudah sangat baik.

"Ke depan, kami menargetkan jika jumlah penumpang meningkat, maka pelabuhan juga akan semakin diperbesar," sebutnya.

General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga Muhammad Eriansyah menyampaikan, bahwa kegiatan ekspor barang perdana ini menjadi sejarah bagi Kota Sibolga dan PT Pelindo 1.

Halaman
12
Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved