Breaking News:

Stadion Sangnaualuh Semakin Rusak, Dinas PUPR Rencana Bangun Tembok Keliling

Material berupa seng, tiang besi dan kaca jendela tanggal dari tempatnya. Kuat dugaan sebagian material itu diambil oleh orang tak berkepentingan.

TRIBUN MEDAN/ALIJA
PENAMPAKAN Stadion Sangnaualuh yang semakin rusak. Sebagian seng dan plafon asbes hilang serta cat yang mengelupas, Sabtu (13/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Kondisi Stadion Sangnaualuh Kota Pematangsiantar semakin hari semakin terbengkalai. Stadion dibiarkan rusak begitu saja oleh tangan-tangan jahil dan tidak bertanggungjawab.

Stadion yang berlokasi di Jalan KS Tubun, Kelurahan Suka Dame, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar tampak rusak dengan pecahan asbes yang berserakan.

Belum terlihat tanda-tanda pembenahan di awal tahun 2021 ini.

Pantauan Tribun-Medan.com, Sabtu (13/2/2021), material berupa seng, tiang besi dan kaca jendela tanggal dari tempatnya. Kuat dugaan sebagian material itu diambil oleh orang-orang yang tak berkepentingan.

"Ya kalau dilihat, kayak gitulah. Nggak ada yang merawat. Mungkin malam-malam beraksinya. Satu persatu itu hilang kayak seng, tiang besi, dan kayu kusen," ujar seorang warga yang tinggal tak jauh dari stadion.

Kepala Bidang Bidang Cipta Karya dan Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pematangsiantar, Henry John Musa Silalahi mengatakan, pihaknya sempat menggerebek orang-orang yang berniat merusak fasilitas stadion.

"Sudah pernah kami sama Polres menggerebek. Lari orang itu, cuma satu yang kami dapat, itupun hanya mengambil mur sama baut," tutur Musa yang dikonfirmasi via telepon.

“Kemarin memang sempat orang-orang pemakai narkoba di situ katanya yang mengambili. Biar kucoba dulu koordinasi ke Polsek, dan membuat petugas jaga malam,” ujarnya lebih lanjut.

Sesuai rencana, Stadion Sangnawaluh dibangun dengan konsep stadion madya yang ditandai dengan lintasan atletik. Adapun Pemko Pematangsiantar mengucurkan dana pembangunan sebesar Rp 9,9 miliar pada tahun 2017. 

Namun kenyataannya hingga kini, stadion belum bisa dimanfaatkan untuk aktivitas olahraga para atlet Kota Pematangsiantar. Lapangan stadion masih dipenuhi semak belukar.

Untuk itu, kata Musa, pada tahun 2021 ini pihaknya berencana akan membangun tembok keliling stadion untuk menjaga stadion dari tangan tangan pemuda yang berniat merusaknya.

“Supaya bisa difungsikan lapangan sepak bolanya, supaya bisa dipakai orang. Itulah target kita tahun ini,” ujarnya.(alj/tribun-medan.com) 

Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved