Breaking News:

Tiadakan Open House Imlek Saat Pandemi, Indra Wahidin Lakukan Kunjungan Virtual dan Transfer Angpao

Biasanya bisa sampai 800 dan seribuan orang. Tahun ini karena sudah diimbau pak Kapolda dua hari sebelumnya ya kita harus patuhi prokes itu.

TRIBUN MEDAN/HO
POTRET suasana perayaan Imlek di kediaman tokoh Tionghoa Sumut, dr Indra Wahidin bersama keluarga, Jumat (12/2/2021). 

Tribun-Medan.com, Medan - Pandemi Covid-19 mengubah tradisi-tradisi Imlek yang sudah dilaksanakan secara turun-temurun khususnya pada tahun 2021 ini.

Namun untuk tahun ini, hampir seluruh masyarakat Tionghoa meniadakan acara open house dan melakukan berdoa di rumah.

Hal ini juga turut dirasakan tokoh masyarakat Tionghoa sekaligus Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Sumut, dr Indra Wahidin. 

"Tentunya kita bersyukur sudah masuk ke tahun yang baru. Walaupun acaranya tak semeriah yang sebelumnya yang penting semua aman dan tertib mengikuti imbauan Prokes pemerintah.  Jadi pada umumnya tahun tidak seperti tahun lalu. Kita lebih sederhana dan tidak ada acara khusus, tidak ada saling kunjung-mengunjungi dan tidak ada open house juga," ungkap Indra kepada tribun-medan.com, Jumat (12/2/2021).

Biasanya saat hari pertama Imlek, rumah Indra tak pernah sepi dari kunjungan para pejabat seperti gubernur, wali kota, tokoh agama, dan komunitas lintas agama untuk bersilaturahmi ke rumahnya di kawasan komplek Setia Budi.

"Biasanya bisa sampai 800 dan seribuan orang. Tahun ini karena sudah diimbau pak Kapolda dua hari sebelumnya ya kita harus patuhi prokes itu," ujarnya.

Meniadakan open house, bukan berarti silaturahmi terputus. Bagi Indra, saling berkunjung dapat dilakukan secara virtual dengan mengandalkan teknologi di masa pandemi ini.

Indra juga menuturkan bahwa untuk hari pertama Imlek dia turut melakukan ibadah di rumah bersama dengan keluarganya.

"Untuk tahun ini kita saling kunjungan virtual seperti melalui WhatsApp atau video call yang penting saling kirim berita aman dan selamat. Kalau untuk hari ini saya di rumah saja tidak kemana-mana dan tidak ada open house," ujarnya.

Tidak melakukan open house, Indra turut merayakan secara sederhana dengan makan steamboat bersama keluarga. Indra juga menuturkan tidak membuat open house tahun ini untuk menjaga keluarga.

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved