Breaking News:

Sempat Buron Berbulan-bulan, Pencuri Spesialis Bongkar Rumah Terciduk

Pelaku pencurian spesialis bongkar rumah warga ditangkap oleh petugas kepolisian di Kabupaten Langkat.

Penulis: Dedy Kurniawan | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN / HO
Pelaku pencurian spesialis bongkar rumah warga ditangkap oleh petugas kepolisian di Kabupaten Langkat. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Pelaku pencurian spesialis bongkar rumah warga ditangkap oleh petugas kepolisian di Kabupaten Langkat.

Pelaku ditangkap setelah menjadi buronan selama berbulan-bulan setelah beraksi membawa kabur barang-barang berharga di sebuah rumah yang terletak di Dusun IV Sempurna Desa Paya Tampak, Kecamatan Pangkalan Susu, Langkat, Minggu (14/2/2021).

Tersangka yang diamankan yakni AI alias Manap (31) warga Dusun I Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pangkalan Susu, Langkat.

Dia dicokok oleh polisi atas dugaan pencurian sesuai dengan laporan kepolisian bernomor, LP/78/X/2020/SU/LKT/SEK. PKL. SUSU, tertanggal 22 Oktober 2020 dengan pelapor atas nama Ahmad Tahir.

"Pelaku ditangkap di Jalan Antara Dusun V Abdi Desa Paya Tampak, Kecamatan Pangkalan Susu, Langkat oleh petugas Unit Reskrim Polsek Pangkalan Susu," kata Kapolsek Pangkalan Susu, AKP Ilham, Minggu, (14/2/2021).

Saat dilakukan penangkapan, pelaku awalnya sempat berkilah dan tidak mengaku. Polisi kemudian melakukan penggeledahan badan.

Saat digeledah, polisi malah menemukan narkoba jenis sabu sebanyak satu paket kecil beserta alat isapnya (bong). Pelaku pun langsung diboyong ke kantor polisi sektor Pangkalan Susu.

"Kami mendapat informasi keberadaan seorang pria yang diduga telah melakukan aksi pembongkaran rumah, yang menyebabkan kerugian sekitar 8 juta rupiah. Dari sana petugas melakukan penyelidikan, dan memastikan AI alias Manap sebagai pelakunya," katanya.

Di Mapolsek Pangkalansusu, Al akhirnya mengaku telah melakukan aksi pencurian dengan cara membongkar rumah milik korban.

Dia membawa kabur satu unit Laptop merk Acer 14" warna hitam, dua unit Handphone merek Samsung Galaxy J1 mini warna gold dan Samsung J Prime warna silver, satu unit TAB Evercross U70C warna hitam, serta uang tunai ditaksir Rp 150.000 dari dalam sebuah kotak amal.

Barang bukti lainnya satu pahat untuk membobol kunci pintu, sebungkus plastik bening berisi narkotika jenis sabu (berat bruto 0,27 gram), sekop sabu, dua pipet kecil, satu kaca pirex, satu botol kaca (bong) dan satu pemantik api.

Paur Humas Polres Langkat, Aiptu Yasir Rahman mengatakan, pihaknya telah melakukan reka ulang terkait kasus dugaan pencurian dengan pemberatan. Polisi juga masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait pasal pidana narkotika pelaku.

"Perkara curatnya sudah reka ulang oleh anggota di Polsek Pangkalan Susu, nanti ada perkembangan soal narkotika tersangka kami kabari. Tersangka ditahan di Mapolsek Pangkalan Susu," pungkasnya.

(Dyk/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved