Breaking News:

Tribun travel

Goa Sigalapang, Wisata Alam Susur Sungai yang Diapit Tebing Tinggi dan Eksotis

Goa Sigalapang sangat dianjurkan untuk wisatawan yang mencari destinasi wisata berpetualang.

TRIBUN MEDAN/ANIL
GOA Sigalapang yang berada di Asahan, Labura, Jalan Lintas Sumatera, Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, LABURA - Berwisata sambil menguji adrenalin tentu sangat menyenangkan.

Meski sedikit merasa was-was, namun semua itu biasanya akan terbayarkan dengan suguhan alam yang memiliki pesona begitu luar biasa.

Meski masih jarang terdengar di kuping para pecinta wisata alam, terdapat sebuah objek wisata yang tak kalah menarik dan tentunya eksotis yang bernama Goa Sigalapang.

Goa Sigalapang sangat dianjurkan untuk wisatawan yang mencari destinasi wisata berpetualang. Selain perjalanan yang ekstra menantang, keberanian untuk menyusur hutan belantara yang indah pun harus dimaksimalkan.

"Goa Sigalapang ini merupakan tujuan wisata alam yang berada di lintas tiga kabupaten yaitu, Labura, Asahan, dan Tobasa," ucap Septian, seorang pengunjung Goa Sigalapang, Senin (15/2/2021).

Saat wisatawan tiba di depan pintu masuk, atmosfer alam akan langsung terasa begitu sangat alami dan membuat setiap orangnya tidak bersabar untuk menikmati wisata destinasi khusus air ini.

Saat tiba di lokasi, wisatawan akan sedikit mengeluarkan tenaga cukup ekstra, karena untuk sampai di goa, wisatawan akan melakukan trakking di medan jalan yang turunan.

"Cukup menantang treknya. Butuh stamina yang kuat dan prima. Pulangnya yang biasa terasa lelah sekali. Jangan lupa bawa bekal seperti makanan dan minuman," ujar Septian.

Saat tiba di Goa Sigalapang, wisatawan tak perlu lama-lama untuk beristirahat. Mengapa ? aliran air sungai yang hijau dan segar, membuat setiap orang wisatawan tak sabar untuk segera untuk disusuri dan direnangi.

"Pengelola sudah menyediakan rakit atau kapal kecil yang bisa dinaiki pengunjung untuk menyusuri sungai. Tebing berwarna hitam yang tinggi, mengapit kedua sisi aliran sungai tersebut," ujar Septian.

"Setiap orangnya juga akan dipakaikan pelampung saat menaiki rakit. Begitu juga dengan guide yang siap membantu kita selama berada di atas rakit atau kapal kecil. Untuk menikmati susur sungai ini, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu per orang," sambungnya.

Serunya aktifitas kian bertambah saat wisatawan menyaksikan air terjun yang jatuh membasahi sekujur tubuh dari atas tebing sekitar 10 meter.

Menikmati Goa Sigalapang, setiap orang wisatawan akan dikenakan biaya retribusi sebagai uang tiket masuk sebesar Rp 5 ribu.

Goa Sigalapang berada tepat di Asahan, Labura, Jalan Lintas Sumatera, Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Wisatawan yang tertarik mengunjungi lokasi, bila berangkat dari pusat Kota Medan akan melakukan perjalanan selama enam jam perjalanan darat dengan jarak tempuh 243 kilometer. (cr23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved