Breaking News:

172 Siswa Ikuti Pendaftaran SNMPTN 2021, Begini Strategi SMAN 1 Medan Luluskan Siswanya

Jumlah 40 persen terbagi atas 143 siswa jurusan IPA dan 29 siswa jurusan IPS yang eligible dan terpilih berdasarkan peringkat rapor semester 1-5.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/HO
KACABDIS Zuhri Bintang dan Kepala SMAN 1 Medan Suhairi meninjau guru yang mengajar secara daring dari Lab komputer SMAN 1 Medan. 

Tribun-Medan.com, Medan - SMA Negeri 1 Medan mendapat jatah 40 persen dari jumlah keseluruhan siswa untuk mengikuti pendaftaran Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). 

Adapun 40 persen terbagi atas 143 siswa jurusan IPA dan 29 siswa jurusan IPS yang eligible dan terpilih berdasarkan peringkat rapor semester 1-5.

Wakil Kepala SMAN 1 Medan, Sormin mengungkapkan, pihak sekolah juga turut membuka layanan konsultasi kepada para siswa untuk memilih jurusan yang tepat.

"Beberapa hari ini semua siswa kita buat beberapa pertemuan untuk membuat strategi agar mereka tidak bertumpuk dalam satu jurusan. Misalnya siapa yang ingin Kedokteran, ITB, UI, siapa yang mau USU, dan di luar USU semua kita kelompokkan. Ini memperbesar peluang mereka untuk dapat lulus," ungkap Sormin, Selasa (16/2/2021).

Jadwal konsultasi jurusan sudah dibuka sejak 10-16 Februari 2021. Sormin menuturkan bahwa sistem konsultasi jurusan sudah lama diterapkan untuk membantu para siswa memilih jurusan yang tepat.

"Sistem ini sudah ada sejak lama sejak namanya jalur undangan. Makanya di ITB itu kita bagi siswanya masing-masing jurusan. Makanya yang pintar ini berbagi dia. Justru karena ini kita di ITB banyak peluang, itu dia caranya," tuturnya.

Terkait peminatan jurusan, Sormin menuturkan bahwa jurusan primadona untuk SMAN 1 Medan yaitu jurusan kedokteran.

Untuk itu pihak sekolah melakukan pembagian tim agar pemilihan jurusan kedokteran dapat tersebar di beberapa universitas.

"Kedokteran paling banyak seperti ke USU, UI, UNPAD, dan UGM. Kedokteran itu primadona di SMAN 1 Medan. Setelah Kedokteran barulah ke ITB. USU yang paling banyak diterima itu dua atau tiga orang. Kan sampai 20 orang disitu tidak mungkin. Jadi kita bagi mulai dari Aceh sampai ke Papua kalau bisa, biar peluang makin besar," kata Sormin.

Selain jurusan Kedokteran, ternyata perguruan tinggi yang paling banyak diminati oleh siswa SMAN 1 Medan yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan mengirimkan paling tidak 13 siswa melalui jalur SNMPTN.

Sedangkan untuk SNMPTN 2020, SMAN 1 Medan mampu mengantarkan sekitar 80an siswa untuk lulus ke PTN.

Terkait hal ini, Sormin menghimbau kepada seluruh siswa untuk jeli dalam memilih jurusan sesuai dengan nilai rapor.

"Tolong dengan jeli melihat peluang yang ada sesuai dengan rata-rata nilai rapor yang dimiliki, ditanya abang-abang yang sudah masuk kesana atau konsultasi dengan sekolah untuk mendiskusikan PT yang sesuai dengan nilai," pungkasnya.(cr13/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved