Breaking News:

Masalah Baru setelah Pos Jaga Sampah Dibangun di Kelurahan Cinta Damai

Pos jaga sampah di Jalan Purnawirawan akhirnya selesai dibangun dari hasil gotong royong warga kelurahan Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia.

TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI
BERJAGA-Warga siaga di pos jaga sampah yang dibangun secara bergotong royong di persimpangan Jalan Purnawirawan, Kelurahan Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia, Senin (15/2/2021). Selain mengantisipasi warga membuang sampah sembarangan, pos ini sekaligus menjaga keamanan wilayah. 

TRIBUN-MEDAN.com-Pos jaga sampah di Jalan Purnawirawan akhirnya selesai dibangun dari hasil gotong royong warga Kelurahan Cinta Damai, Kecamatan Medan Helvetia.

Beberapa pemuda duduk di pos berukuran 2x2 meter itu, Senin (15/2/2021). Mereka hanya beralaskan papan tepat di pinggir lahan kosong bekas lautan sampah yang sudah dibersihkan oleh Dinas Kebersihan Medan, Januari lalu.

Tak jauh dari pos, tampak pagar bambu dan bunga-bunga yang ditanam untuk memperindah lokasi yang sebelumnya begitu dihindari oleh warga.

Warga sekitar, Kumar, yang turut ikut berpartisipasi menjaga pos ini mengungkapkan bahwa sejak pembangunan posko jaga ini, belum ada masyarakat yang membuang sampah di lokasi tersebut.

Permasalahan baru muncul lantaran para pembuang sampah ini melakukan aksi dengan membuang sampah di pinggir jalan atau di tempat tanah kosong sekitar.

"Sekarang orang enggak ada buang sampah kemari. Mereka buangnya di pinggir jalan lain. Mereka buang saat tengah malam dan tempat sepi," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi masalah ini, pihak warga sekitar berinisiatif melakukan patroli setiap malam dengan berpencar di beberapa titik sekitar Kelurahan Cinta Damai.

"Setiap malam kami berpatroli. Kami keliling dibantu orang dari kantor kecamatan," ujarnya.

Lanjutnya, ia juga menuturkan bahwa kegiatan patroli ini tidak hanya untuk pengamanan sampah namun juga keamanan di wilayah itu.

Kumar berharap agar usaha mereka menjaga kebersihan dan keamanan di Kelurahan Cinta Damai dapat didukung penuh oleh warga.

"Kami harap warga saling mendukung agar jangan sebelah pihak saja. Kita kan merintis ini dengan susah payah. Begitu kita dapat arahan dari kelurahan atau kecamatan untuk berbenah ya ada dukungan dari warga juga. Semoga saja dengan adanya pos dan dilakukan patroli, pembuang sampah bisa jera," pungkasnya. (cr13)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved