Breaking News:

Sambut Pelaksanaan MTQ ke-54, Pemkab Deli Serdang Imbau Peserta Jalani Swab Antigen

Kabag Kesra Setdakab Deli Serdang Mukti Ali Harahap menjelaskan, swab antigen berlaku pula untuk panitia dan Dewan Hakim.

Dok. Humas Pemkab Deli Serdang
Pemkab Deli Serdang saat memberikan sosialisasi dan simulasi pelaksanaan MTQ ke-54 di Aula Kantor Camat Batang Kuis, Senin (15/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Deli Serdang Mukti Ali Harahap, mengimbau semua peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-54 wajib jalani tes usap (swab) antigen.

“Sebelum kegiatan MTQ berlangsung, peserta harus melakukan swab pada Jumat (19/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021) di fasilitas kesehatan (faskes) yang disediakan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang Tribun Medan terima, Selasa (16/2/2021).

Adapun faskes yang melayani swab antigen, di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Deli Serdang, Rumah Sakit Umum (RSU) Pancur Batu, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Deli Serdang.

Pernyataan tersebut Mukti sampaikan saat memberikan sosialisasi dan simulasi pelaksanaan MTQ di Aula Kantor Camat Batang Kuis, Senin (15/2/2021).

Pelaksanaan MTQ ke-54 Kabupaten Deli Serdang akan dilaksanakan pada Senin (22/2/2021) hingga Jumat (26/2/2021) di Pesantren Mawaridussalam, Desa Tumpatan Nibung, Kecamatan Batang Kuis.  

Mukti menjelaskan, swab antigen berlaku pula untuk panitia dan Dewan Hakim. Mereka akan melakukan swab di Aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang pada Kamis (18/2/2021).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Satuan (Kasat) Intelijen Keamanan (Intelkam) Komisaris Polisi (Kompol) Amir Sinaga mengatakan, selama kegiatan MTQ, akan dilakukan pembatasan kepada masyarakat yang ingin masuk ke lokasi acara.

“Panitia, para undangan, dan peserta MTQ nantinya akan mengenakan tanda pengenal yang telah disediakan,” imbuhnya.

Untuk penertiban masyarakat, kata Amir, pihaknya akan bekerja sama dengan tim gabungan. Kelompok ini terdiri dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Sebelumnya, Camat Batang Kuis Avro Wibowo melaporkan kesiapan pihaknya untuk menyukseskan MTQ ke-54 Kabupaten Deli Serdang.

“Nanti akan ada 12 lokasi titik perlombaan di sekitar arena utama MTQ. Kemudian, disiapkan pemondokan kafilah (rombongan) sebanyak 66 rumah,” jelasnya.

Setelah melakukan sosialisasi, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan tempat perlombaan, pemondokan kafilah, dan arena utama pembukaan, serta penutupan di Pesantren Mawaridussalam.

Dalam acara tersebut, turut hadir perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, beserta musyawarah pimpinan kecamatan (Muspika), dan para kepala desa (Kades).

Penulis: Dwi Nur Hayati (CM)
Editor: Amalia Purnama Sari (CM)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved