Breaking News:

Sekda Mahfullah Pratama Daulay Akan Isi Kekosongan Jabatan Wali Kota Binjai

Sekretaris Daerah (Sekda) Binjai M Mahfullah Pratama Daulay akan menjadi Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Binjai.

TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Sekda Kota Binjai Mahfullah Daulay 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Binjai M Mahfullah Pratama Daulay akan menjadi Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Binjai.

Hal ini menyusul akan berakhirnya masa jabatan Muhammad Idaham dan Timbas Tarigan sebagai Wali Kota Binjai dan Wakil Wali Kota Binjai pada Rabu (17/2/2021) besok.

"Besok pelepasan atau perpisahan Wali Kota Binjai Pak Idaham, acaranya di Rumah Dinas Wali Kota Binjai," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Binjai, Abdullah Rainy, Selasa (16/2/2021).

"Sekda Binjai yang akan menjalankan roda pemerintahan mengisi kekosongan sementara sebelum pelantikan Wali Kota Binjai yang baru," katanya.

Ketua DPRD Kota Binjai, Noor Sri Syah Alam Putra menjelaskan, bahwa tidak ada rapat paripurna atau pleno yang digelar kalangan legislatif untuk melepas masa jabatan Wali Kota Binjai yang lama. Katanya, sertijab hanya di internal Pemko Binjai.

"Sertijab acaranya seperti melakukan serah terima kepada Pelaksana Harian Wali Kota ke Sekda," kata Ketua DPRD Binjai

Lanjut Kires, panggilan karib Ketua DPRD Binjai, roda kepemimpinan Pemko Binjai akan diisi Amir Hamzah, pascameninggalnya Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi.

Namun terlebih dahulu Amir akan dilantik sebagai Wakil Wali Kota Binjai pada Jumat (26/2/2021) mendatang.

"Hasil rapat Amir Hamzah dilantik jadi wakil wali kota, DPRD Binjai baru kemudian mengusulkan penetapan Amir sebagai pelaksana tugas melalui rapat paripurna. Amir Hamzah bakal dilantik sebagai Wali Kota Binjai periode 2021-2024 setelah ditetapkan sebagai Plt," jelasnya.

Mekanisme pelantikan Amir sebagai Wali Kota Binjai setelah diusulkan oleh DPRD Binjai. DPRD Binjai akan dua kali konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri.

"Pelantikan Amir Hamzah Jadi Wali Kota Binjai kami koordinasi ke Kemendagri. Kedua, untuk mengusulkan nama wakil wali kota berdasarkan hasil pleno yang dilakukan oleh Partai Golkar," katanya.

Partai pemenang Golkar hingga kini belum melakukan pembahasan dan penentuan sosok yang akan mengisi jabatan Wakil Wali Kota Binjai.

"Siapa Wakil Wali Kota Binjai belum ada dibahas, nanti menunggu petunjuk dari DPD tingkat satu," pungkasnya.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved