Breaking News:

SMAN 7 Medan Dapat Jatah 40 Persen Ikut SNMPTN, Fakultas Kedokteran dan Pertanian Banyak Diminati

Apabila ada beberapa siswa yang memilih jurusan sama, maka akan dilakukan penyesuaian jurusan sesuai dengan nilai.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI para siswa SMA Negeri 7 yang melakukan kegiatan aktivitas olahraga di Lapangan SMA Negeri 7 Medan. 

Tribun-Medan.com, Medan - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi dibuka hingga Kamis (24/2/2021) pekan depan. 

Terkait hal ini, Wakil Kepala SMA Negeri 7 Medan, Gokman Sianturi mengungkapkan, sekolah telah melakukan konsultasi jurusan sejak H-14 sebelum pembukaan pendaftaran SNMPTN.

"Sekarang inikan lagi tahap pendaftaran. Awalnya sudah kita umumkan siapa siswa yang berhak mengikuti itu dan sudah kita arahkan ke jurusan masing-masing supaya tidak ada yang sama pada perguruan tinggi yang sama," ungkap Gokman kepada tribun-medan.com, Selasa (16/2/2021).

Dalam pembukaan pendaftaran SNMPTN, SMAN 7 Medan mendapat jatah 40 persen untuk mengirim para siswa yang lulus dalam pemeringkatan nilai rapor. Ada sekitar 170 siswa terdiri dari 120 siswa kelas 12 jurusan IPA dan 50 siswa kelas 12 jurusan IPS.

"Jadi ketika kita lakukan pemeringkatan sesuai jatah 40 persen, kita umumkan ke anak-anak yang berhak jalur SNMPTN kemudian mereka memilih jurusan sesuai minat dan jurusan. Setelah itu dicek lagi nilai rapor dan kita juga panggil secara bertahap bagi siswa yang sama jurusannya. Setelah kita verifikasi jurusan mereka lalu dipanggil," ujarnya.

Dikatakan Gokman, apabila ada beberapa siswa yang memilih jurusan sama, maka akan dilakukan penyesuaian jurusan sesuai dengan nilai agar semua siswa memilih kesempatan untuk lulus.

"Kita arahkanlah siapa yang mau mengalah. Tapi kita arahkan yang nilainya lebih rendah agar memilih jurusan lain atau memilih perguruan tinggi yang beda supaya tetap ada peluangnya," tambahnya.

Dalam pemilihan jurusan yang diminati, Gokman menyebutkan bahwa USU menjadi kampus idaman para siswa di SMAN 7 Medan.

"Sampai sekarang kita lihat pilihan utamanya ini ke USU. Sampai sekarang memang ada alumni kita yang kedokteran, jadi banyak yang pilih kedokteran. Jadi kita arahkan agar realistis dalam memilih jurusan yang lain. Memang ada beberapa yang pilih Agrobisnis dan Agroteknologi untuk Fakultas Pertanian," kata Gokman.

Gokman juga mengimbau kepada siswa peserta pendaftar SNMPTN untuk dapat jeli dalam melihat data dan jurusan sebelum melakukan finalisasi.

"Anak-anak yang memiliki hak untuk jalur SNMPTN tetap hati-hati mengisi data sebelum finalisasi dan jangan sampai lewat waktu pendaftaran. Kalau ada hal-hal yang kurang dipahami, sekolah siap membantu," pungkasnya.(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved