Breaking News:

Layanan Satu Atap Untuk Pekerja Migran Dibuka di Deliserdang, Pertama di Sumut

Pemerintah Kabupaten Deliserdang membuka Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (LTSA-PPPMI) di Tanjung Morawa

Tribun-Medan.com/Indra Gunawan
Dirjen Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja, Suhartono memberikan paspor secara simbolis kepada calon migran yang melakukan pengurusan di Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (LTSA-PPPMI), di Deliserdang, Rabu (17/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah Kabupaten Deliserdang membuka Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (LTSA-PPPMI) di area Pusat Promosi Produk Unggulan Daerah (PPPUD) yang ada di Tanjung Morawa.

Pelayanannya mulai diberlakukan setelah dilakukan launching oleh Bupati Ashari Tambunan bersama Dirjen Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja, Suhartono Rabu, (17/2/2021).

Setelah di-launching dilakukan simulasi pengurusan oleh pekerja migran sampai keluar paspor.

Layanan ini digadang-gadang akan membuat pekerja migran nantinya tidak lagi bolak-balik dan capek mendatangi satu persatu kantor instansi.

Hal ini lantaran didalamnya sudah ada petugas Dinas Kependudukan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Imigrasi, Perbankan (BRI) dan terakhir loket Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Selama ini diaggap proses ribet karena jarak antara kantor satu dengan yang lainnya juga berbeda-beda.

"Jadi kita memang sudah ada MoU sebelumnya. Semua pihak sudah bersedia untuk memberikan layanan di tempat ini Makanya itu pekerja masing-masing instansi juga ada. Imigrasi nanti yang ngeluarkan Paspor. Ini yang pertama di Sumatera Utara," kata Kadisnaker Deliserdang, Binsar Sitanggang.

Binsar menyebut meski saat ini masih pandemi dan terjadi penurunan drastis pekerja yang mau bekerja ke luar negeri namun disebut Pemkab sudah siap jika nantinya kondisi sama-sama seperti yang diharapkan.

Dijelaskannya, latar belakang pendirian layanan ini karena Deliserdang adalah lumbung pekerja migran.

Selain itu juga sudah ada amanat UU nomor 18 tahun 2017 dimana Kabupaten Kota memiliki tugas dan tanggungjawab membentuk LTSA PPPMI.

Halaman
12
Penulis: Indra Gunawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved