Breaking News:

Permudah Layanan Pekerja Migran, Pemkab Deli Serdang Resmikan LTSA-PPPMI

Pemkab Deli Serdang meresmikan LTSA-PPPMI untuk mempermudah akses ke luar dan melindungi pekerja migran Indonesia.

DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan saat meresmikan dan merilis Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (LTSA-PPPMI) di Kabupaten Deli Serdang di Kecamatan Tanjung Morawa, Rabu (17/2/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan, setiap warga negara Indonesia (WNI) berhak untuk menjadi pekerja migran Indonesia (PMI).

“Sebab, pekerja migran saat ini bukan lagi menjadi pilihan terakhir untuk mendapatkan pekerjaan, tetapi sudah menjadi pilihan yang kompetitif bagi setiap angkatan kerja yang ingin berkembang,” ujarnya.

Dia mengatakan itu saat meresmikan dan merilis Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (LTSA-PPPMI) di Kabupaten Deli Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa, Rabu (17/2/2021).

Namun, tidak dapat dimungkiri, para PMI kerap dihadapkan dengan berbagai situasi sulit dan kurang menyenangkan, seperti pemberangkatan ilegal dan nonprosedural yang menuntut biaya besar.

Selain itu, ada pula penempatan kerja yang tidak sesuai seperti yang diharapkan dan permasalahan hukum yang harus mereka alami di negara tujuan. 

Padahal, sebut Ashari, sudah sepantasnya para PMI mendapatkan perlindungan di mana pun mereka bekerja.

“Untuk menyikapi kondisi yang demikian ini, maka pemerintah hadir menyediakan fasilitas layanan bagi para pekerja migran Indonesia,” ujarnya seperti keterangan tertulisnya, Rabu (17/2/2021).

Hal itu, lanjut Ashari, penting dilakukan untuk memudahkan para pekerja dalam mengurus serta melengkapi administrasi dan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Ashari menyebut, hal tersebut melatarbelakangi pengadaan fasilitas LTSA-PPPMI. Dia berharap, fasilitas tersebut dapat memberi kemudahan kepada para PMI.

Sebab, fasilitas ini penting untuk membantu melengkapi administrasi dan dokumen yang berkaitan dengan syarat untuk bekerja sebagai tenaga kerja migran Indonesia.

Halaman
123
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved