Breaking News:

Shell Cari Mitra Bisnis di Medan dan Surabaya, Tawarkan Kelola SPBU Modal Rp 500 Juta

mitra dapat mengoperasikan sampai dengan tiga SPBU Shell dengan investasi yang terjangkau dan estimasi jangka waktu pengembalian modal yang kompetitif

Tribun Medan
SPBU Shell Indonesia 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Shell Indonesia mencari mitra bisnis yang mampu mengelola bisnis SPBU di Kota Surabaya dan Medan hanya dengan modal Rp 500 juta.

"Dalam program ini, mitra dapat mengoperasikan sampai dengan tiga SPBU Shell dengan investasi yang terjangkau dan estimasi jangka waktu pengembalian modal yang kompetitif," ujar Retail Business Optimization Manager Shell Indonesia, Sari Rachmi, Rabu (17/2/2021).

Ia menambahkan, peluang bisnis SPBU Shell di Surabaya dan Medan merupakan program kemitraan Company Owned Dealer Operated (CODO), di mana mitra hanya perlu menyediakan modal awal Rp 500 juta dan tidak perlu memiliki modal tanah, bangunan, dan peralatan.

Baca juga: Idaham Berkaca-kaca Lepas Jabatan Wali Kota Binjai: Tiada yang Abadi

Dijelaskannya, Shell akan meminjamkan aset berupa SPBU yang sudah dibangun dan siap dikelola oleh para mitranya. Kelengkapan infrastruktur ini juga mencakup bisnis penunjang di SPBU yang akan dijalankan juga oleh mitra seperti convenience store, kedai kopi, dan bengkel.

"Program kemitraan ini sudah berjalan selama 15 tahun di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Sampai saat ini, Shell telah bekerjasama dengan 45 Mitra untuk mengelola 121 SPBU di provinsi-provinsi tersebut," katanya.

Ia menyebut, peluang bisnis SPBU di masa pandemi menunjukkan potensi yang menjanjikan. Bisnis SPBU mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan awal pandemi. Hal ini karena tetap menjadi kebutuhan pokok masyarakat untuk beraktivitas.

Berdasarkan riset McKinsey pada September 2020, 70 persen masyarakat Indonesia khawatir menggunakan transportasi umum. Sementara 26 persen lainnya agak khawatir.

"Karena itu masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi atau mampu untuk membeli kendaraan pribadi memilih beralih dari transportasi umum," imbuh Sari.

Berdasarkan data Gaikindo, pada bulan Desember 2020 terjadi peningkatan penjualan mobil tujuh kali lipat dibandingkan awal pandemi Covid-19 di bulan April 2020.

Sari mengatakan, pihaknya melihat program Shell yang memberikan peluang bagi mitra untuk menjalankan bisnis SPBU merupakan win-win solution, karena bisa bermitra dengan pengusaha terbaik di daerah masing-masing dan sebaliknya mereka mendapatkan kesempatan untuk menjadi pengusaha bisnis SPBU dengan modal Rp 500 juta.

"Itu persyaratannya WNI berumur 30-50 tahun, memiliki modal awal Rp 500 juta dan siap untuk mengelola SPBU di area Surabaya dan Medan," pungkas Sari.

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved